Advertisement

Gantikan Putin, Menlu Rusia Sudah Tiba di Indonesia

Novita Sari Simamora
Senin, 14 November 2022 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Gantikan Putin, Menlu Rusia Sudah Tiba di Indonesia Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov - apumone.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tiba di Bali, Indonesia Bali pada Minggu untuk memimpin delegasi negaranya, sekaligus menggantikan Presiden Putin di KTT G20 minggu ini.

Kehadiran Lavrov di Indonesia untuk mengikuti KTT G20 menjadi sejarah atau yang pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Aksi Rusia menginvasi Ukraina, disebut Moskow sebagai operasi khusus dan hingga kini perang Rusia vs Ukraina masih terus berlanjut.

Advertisement

Belum ada informasi yang jelas, alasan Presiden Putin tidak hadir pada KTT G20 di Bali. Padahal, sebelumnya Putin sempat dikabarkan akan datang ke Bali.

Dikutip dari AFP, Minggu (13/11/2022), Menlu Rusia Lavrov tiba di Indonesia dengan disambut oleh penjaga kehormatan dan penari-penari tradisional Indonesia yang disediakan untuk menghibur sekaligus mempromosikan budaya Indonesia.

Kehadiran Lavrov di KTT G20 diperkirakan akan mendapatkan banyak kritik dari peserta G20, terkait berlangsungnya invasi terhadap Ukraina. Sebelumnya, Rusia sempat mengancam akan menggunakan senjata nuklir saat menginvasi Ukraina, tetapi isu tersebut surut.

Saat di Bali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia enggan memberikan komentar terkait alasan ketidakhadiran Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin secara fisik di KTT G20. 

Menurut Bahlil, hanya Presiden Jokowi yang bisa menelpon dan berkomunikasi dengan Presiden Rusia Putin. Dia mengatakan bahwa Putin sedang memiliki isu domestik yang harus ditangani. 

Selain Putin, Presiden Brazil Luiz Inácio Lula da Silva dan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador juga tak dapat menghadiri KTT G20 secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Telah Usai, Layanan di Dinas Dukcapil Jogja Kembali Normal

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement