Advertisement

Jokowi Bilang Pilpres 2024 Jatah Prabowo, Surya Paloh: Itu Hanya Motivasi

Surya Dua Artha Simanjuntak
Minggu, 13 November 2022 - 10:07 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Bilang Pilpres 2024 Jatah Prabowo, Surya Paloh: Itu Hanya Motivasi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) memeluk calon presiden yang diusung Nasdem pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Anies Baswedan (kedua kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan bahwa pernyataan dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 hanya sekadar motivasi.

Surya menuturkan engaku tak merasa iri hati dengan pernyataan Jokowi tersebut. Bahkan, Surya mengajak pihak yang merasa iri untuk melupakan pemikiran seperti itu.

Advertisement

"Itu pelajaran budi pekerti. jangan cepat-cepat iri hati. Jadi kalau yang belum dapat pelajaran, saya juga mengajak, sudahlah, buang pikiran iri hati itu," ucap Surya.

Dia berpendapat tak ada yang salah dengan pernyataan Jokowi yang mendukung capres tertentu. Menurutnya, pernyataan seperti itu hanya sekadar sebuah motivasi.

Surya bahkan mengatakan langkah Jokowi tersebut merupakan sebuah diplomasi tingkat tinggi. Apalagi, lanjutnya, seorang presiden bukan hanya sebagai kepala pemerintahan, melainkan juga kepala negara.

Dia menilai Jokowi menunjukkan sikap negarawan. Apalagi, Surya mencatat, di Indonesia saat ini sudah terlalu banyak politisi. Di sisi lain, sangat sedikit dari mereka yang menunjukkan sikap negarawan.

“Indonesia hari ini, sebagai pengamatan saya sebagai ketua umum Partai NasDem, inflasi politisi, tapi defisit negarawan. Itu yang perlu kalian tahu,” ucapnya.

BACA JUGA: Gedung Sekolah Ambruk yang Tewaskan Siswa di Gunungkidul Dibangun Tak Sesuai Prosedur

Kendati demikian, dia juga menunggu dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bakal calon presiden (capres) usungan partainya, Anies Baswedan.

Surya mengatakan sudah mengetahui pernyataan Jokowi yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dia pun akan menanti pernyataan serupa ke capres lainnya, termasuk Anies.

“Kali ini memberikan motivasi kepada Prabowo, bisa saja besok bukan Prabowo, tapi Airlangga. Mungkin lalu Erick atau Ganjar. Nah kita tunggu kapan dikasih ke Bung Anies,” ujar Surya kepada awak media di Jakarta Convention Center, Jumat (11/11/2022).

Sebagai informasi, saat menyampaikan sambutan di HUT Perindo, Jokowi berkelakar bahwa pada 2024 merupakan tahun kemenangan Prabowo jika maju lagi sebagai capres.

"Saya ini dua kali menjadi Wali Kota Solo menang, kemudian ditarik di Jakarta sekali menang. Selanjutnya, dua kali di Pemilu Presiden, menang. Mohon maaf Pak Prabowo, kelihatannya setelah ini [Pilpres 2024] jatah Pak Prabowo," ujar Jokowi disambut teriakan penonton di iNews Tower, Senin (7/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement