Advertisement

Terungkap! Polisi: CV Chemical Samudera Diduga Oplos Zat Cemaran Etilen Glikol

Lukman Nur Hakim
Jum'at, 11 November 2022 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Terungkap! Polisi: CV Chemical Samudera Diduga Oplos Zat Cemaran Etilen Glikol Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kiri) bersama Wadir Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Helfi Assegaf (kanan) menyampaikan keterangan, Senin (25/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - hp.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Polri sudah menemukan modus CV Chemical Samudera dalam kasus bahan obat sirop yang diduga memicu kasus gagal ginjal akut.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadan mengatakan dari hasil penyelidikan pihaknya menemukan fakta terdapat bahan baku tambahan yang berada di dalam tong berwarna putih.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Didapatkan fakta bahwa satu barang bukti yang ada di TKP, yaitu PG dan EG yang berada di dalam drum atau tong putih bertuliskan label DOW (The Dow Chemical Company) diduga merupakan bahan baku tambahan yang di order PT AF melalui PT TBK dan PT APG," ujar Ramadan dalam keterangan resminya, Jumat (11/11/2022).

Ramadan memaparkan bahwa modus yang dilakukan adalah dengan menggunakan drum berlabel DOW dan menambahkan bahan oplos ke drum tersebut.

“Diduga pelaku menggunakan drum atau tong berlabel DOW palsu atau bekas kemudian melakukan peracikan penambahan atau oplos zat cemaran EG, terdapat bahan yang diorder PT AF sehingga diduga kandungan cemaran di atas ambang batas,” paparnya.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Pagi Ini

Kemudian, Ramadan juga mengungkapkan bahwa pihak dari kepolisian akan memanggil pihak perusahaan dan pihak RT dan RW setempat. Selain itu, kepolisian juga menunggu hasil uji lab terhadap sampel bahan baku, serta mencari dokumen terkait pembelian dari bahan baku tambahan.

“Mencari dokumen terkait pembelian bahan baku tambahan PG dari PT AF, PT TBK dan PT APG, melakukan pemeriksaan terhadap  saksi, ahli korporasi, ahli farmasi dan ahli labfor,” ungkap Ramadan

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement