Advertisement

Bertambah Lagi! Ini Daftar Baru 4 Obat Sirop yang Ditarik BPOM

Szalma Fatimarahma
Rabu, 09 November 2022 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Bertambah Lagi! Ini Daftar Baru 4 Obat Sirop yang Ditarik BPOM Kepala BPOM Penny Lukito saat konferensi pers terkait penggunaan ivermectin - BPOM

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengungkapkan empat nama obat sirop yang dinyatakan mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas aman. 

Penny merincikan, dari total empat produk obat sirop dengan cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas aman, dua produk merupakan obat yang diproduksi oleh PT Samco Farma dan dua lainnya merupakan produksi PT Ciubros Farma.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapun, Penny menjelaskan bahwa cemaran EG dan DEG yang ditemukan pada keempat produk obat sirop ini berasal dari bahan pelarut propilen glikol yang digunakan dalam proses pembuatan obat-obatan sirop milik kedua perusahaan farmasi. 

Atas temuan tersebut, BPOM kemudian mengarahkan kedua perusahaan farmasi untuk segera melakukan penarikan dan pemusnahan terhadap seluruh batch produk dengan kandungan cemaran EG dan DEG yang melebihi ambang batas aman. 

Penny menjelaskan, penarikan akan dilakukan di berbagai gerai penjualan obat, seperti pedagang besar farmasi (PBF), apotek, instalasi farmasi pemerintah, hingga praktik mandiri tenaga kesehatan. 

BACA JUGA: Jokowi Punya Alasan Khusus Dukung Prabowo Maju di Pilpres 2024

Hingga saat ini, setidaknya terdapat lima perusahaan farmasi yang disebut telah melakukan pelanggaran dalam bidang produksi. Kelima perusahaan tersebut adalah PT Yarindo Farmatama, PT Afi Farma, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan yang terbaru ialah  PT Samco Farma serta PT Ciubros Farma. 

BPOM kini telah menarik izin edar dan sertifikat Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB) yang dimiliki oleh PT Yarindo Farmatama, PT Afi Farma, dan PT Universal Pharmaceutical Industries.

Advertisement

Sedangkan untuk kedua perusahaan lainnya, Penny menerangkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tahapan produksi yang dilakukan oleh PT Samco Farma dan PT Ciubros Farma.

Berikut 4 obat sirop dengan kandungan cemaran EG dan DEG melebihi batas:

PT Samco Farma 

1. Samconal 
2. Samcodryl 

Advertisement

PT Ciubros Farma 

1. Citomol
2. Citoprim 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Denhanud 474 Kopasgat Pastikan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Sleman
| Minggu, 27 November 2022, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement