Advertisement

Situs Peninggalan Umat Kristen Kuno Ditemukan di Uni Emirat Arab

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 09 November 2022 - 04:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Situs Peninggalan Umat Kristen Kuno Ditemukan di Uni Emirat Arab Situs peninggalan umat kristen di Uni Emirat Arab

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah situs peninggalan Kristen kuno ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai Uni Emirat Arab.

Situs berupa kompleks keagamaan, termasuk biara itu, mungkin berasal dari masa sebelum penyebaran Islam di seluruh Jazirah Arab.

Advertisement

Dilansir dari VOA, situs ini memberikan banyak informasi kepada para peneliti tentang Kekristenan awal di daerah Teluk Persia. Ini adalah biara kedua yang ditemukan di Emirates, sejak 1.400 tahun yang lalu.

Ketika Islam menyebar di daerah itu, para ahli percaya orang Kristen perlahan-lahan menjadi Muslim. Saat ini, orang Kristen tetap menjadi minoritas di Timur Tengah.

Timothy Power dari Universitas Uni Emirat Arab menggambarkan UEA hari ini sebagai “peleburan negara-negara”.

Baca juga: PANIRADYA: 18 Kalurahan Mandiri Budaya Dibentuk untuk Sejahterakan Masyarakat

Biara itu terletak di Pulau Siniyah di Umm al-Quwain, sebuah emirat sekitar 50 kilometer timur laut Dubai. Pulau ini memiliki serangkaian daerah berpasir yang muncul seperti jari. Di satu, ke timur laut pulau itu, para peneliti menemukan biara tersebut.

Sampel yang ditemukan di tanggal pendirian biara antara 534 dan 656. Nabi Islam Muhammad lahir sekitar 570 dan meninggal pada 632.

Dilihat dari atas, denah biara menunjukkan umat Kristen awal berdoa di dalam gereja kecil. Kamar-kamar di dalam biara tampaknya memiliki area pembaptisan, serta oven untuk memanggang roti atau wafer untuk ritus komuni. Area lain juga kemungkinan memiliki sebuah altar dan instalasi untuk anggur persekutuan.

Di sebelah biara terdapat bangunan kedua dengan empat kamar, kemungkinan di sekitar area terbuka yang dikenal sebagai halaman. Ini mungkin rumah seorang pemimpin gereja mula-mula seperti kepala biara atau bahkan uskup.

Di dekatnya juga terdapat sebuah desa yang dibom Inggris pada tahun 1820 sebelum daerah tersebut menjadi bagian dari apa yang dikenal sebagai Negara Trucial, bentuk awal UEA modern. Penghancuran desa itu menyebabkan terciptanya pemukiman modern Umm al-Quwain di daratan.

Sejarawan mengatakan gereja dan biara awal tersebar di sepanjang Teluk Persia ke pantai Oman saat ini dan sampai ke India. Para arkeolog telah menemukan gereja dan biara serupa lainnya di Bahrain, Irak, Iran, Kuwait, dan Arab Saudi.

Pada awal 1990-an, para arkeolog menemukan biara Kristen pertama di UEA, di Pulau Sir Bani Yas, yang saat ini merupakan kawasan alami yang dilindungi dan lokasi hotel-hotel mewah. Ini juga tanggal kembali ke periode yang sama dengan penemuan baru di Umm al-Quwain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement