Advertisement

Link Streaming Gerhana Bulan Total Petang Ini

JIBI
Selasa, 08 November 2022 - 13:17 WIB
Jumali
Link Streaming Gerhana Bulan Total Petang Ini Foto sekuen fase gerhana bulan total terlihat di Padang, Sumatra Barat, Rabu (31/1). - Antara/ Iggoy el Fitra

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Jika cuaca pada malam ini, Selasa, 8 November 2022, berawan atau pun hujan, masyarakat bisa menyaksikan fenomena alam gerhana Bulan total dengan link live streaming yang ada di bawah ini.

BACA JUGA : Gerhana Bulan Total Petang Ini Bisa Dilihat Langsung

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Seperti diketahui, gerhana Bulan total akan terlihat di seluruh wilayah di Indonesia pada hari ini. Tetapi, untuk puncak gerhana Bulan yang terjadi pada pukul 18.00.22 WIB, khusus daerah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu , tidak bisa teramati.

Dilansir dalam unggahan akun Instagrafenfm resmi miliki Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), akhir gerhana Bulan total bisa teramati di seluruh wilayah di Tanah Air.

Namun, perlu diingat jika cuaca tidak mendukung, seperti hujan atau pun berawan, gerhana Bulan total pada 8 November 2022 tidak bisa teramati. Untuk itu, masyarakat bisa menyaksikan secara live streaming di link Youtube resmi milik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Biak.

“BRIN Biak akan melakukan live streaming pengamatan Gerhana Bulan Total mulai jam 18.00 WIT (16.00 WIB). Buat #KawanBRIN jangan lupa ikut mengamati ya. Live streaming melalui channel Youtube BRIN Biak atau bisa langsung melalui tautan berikut ya https://s.id/pengamatanGBTbiak,” tulis pengelola akun Instagram @lapan_ri.

Sebagai informasi, gerhana Bulan total 8 November 2022 ini terjadi dalam waktu 1 jam, 24 menit, 58 detik.
Gerhana Bulan total merupakan fenomena astronomis ketika seluruh permukaan bulan memasuki bayangan inti Bumi. Hal ini disebabkan oleh konfigurasi antara Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk sebuah garis lurus.

Fenomena ini biasanya terjadi pada fase bulan purnama, tetapi tidak semuanya. Sebelum 8 November 2022, juga pernah terjadi gerhana Bulan total pada 16 Mei 2022, namun tidak bisa diamati dari Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement