Advertisement

Ini Strategi Indonesia Antisipasi Ancaman Nuklir Korut

Akbar Evandio
Rabu, 02 November 2022 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Strategi Indonesia Antisipasi Ancaman Nuklir Korut Warga Jepang menyaksikan video serangan rudal Korea Utara (Korut) yang melintasi wilayah Jepang - Military Times

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebut Indonesia mewaspadai rencana Korea Utara (Korut) melakukan uji coba nuklir.

"Ya, kami berharap tentunya tidak terjadi. Kami sedang mengadakan langkah-langkah untuk waspada," katanya di JIExpo Kemayoran, Rabu (2/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia menjelaskan  langkah antisipasif pemerintah adalah dengan menambah kuantitas rumah sakit yang ada di Indonesia, apalagi menurutnya ketersediaan rumah sakit yang masih kurang.

"Kami akan membangun 27 atau kita sebut totalnya 27 rumah sakit. Kami tambahkan dari kemarin pandemi. Dari WHO mengatakan, Indonesia kekurangan 12.000 tempat tidur sebagai bangsa, yang sebenarnya tidak terlalu jelek. Banyak bangsa lain [kondisinya] lebih jelek dari kita," tuturnya.

Prabowo mengatakan penambahan kuantitas rumah sakit akan memenuhi setengah dari kekurangan yang ada atau sekitar 6.000 tempat tidur.

"Namun, dengan membangun 27 rumah sakit ini, kira-kira kami akan penuhi hampir setengahnya, 5.000-6.000 tempat tidur," katanya.

Menhan menegaskan Indonesia merupakan negara dengan politik luar negeri nonblok, yang berarti tidak berpihak terhadap siapa pun. 

Dengan demikian, Indonesia patut bersyukur karena bisa menjadi mediator dan juru damai.

Advertisement

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) bersama Jepang dan Korea Selatan (Korsel) melontarkan peringatan terbaru untuk Korut. Ketiga negara itu menegaskan uji coba nuklir terbaru Korut akan direspons keras yang belum pernah ada sebelumnya.

Peringatan itu disampaikan setelah para Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) dari ketiga negara yang bersekutu itu menggelar pembicaraan di Tokyo. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement