Advertisement

Tragedi Halloween, Presiden Korsel Tetapkan Itaewon Zona Bencana

Erta Darwati
Senin, 31 Oktober 2022 - 11:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Tragedi Halloween, Presiden Korsel Tetapkan Itaewon Zona Bencana Evakuasi jenazah korban Tragedi Itaewon. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol menyatakan wilayah Itaewon sebagai zona bencana pasca tragedi Halloween yang menyebabkan ratusan orang tewas akibat berdesakan.

Perayaan Halloween di sebuah gang di Itaewon, Seoul berujung maut pada Sabtu malam (29/10/2022). Kerumuman massa yang sangat padat di gang sempit membuat 154 orang tewas dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Advertisement

Presiden Korsel Yoon Suk-Yeol menyatakan masa berkabung nasional dan menetapkan distrik Itaewon yang populer di Seoul sebagai zona bencana setelah insiden saat perayaan Halloween.

Dia juga menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keinginannya untuk pemulihan yang cepat bagi banyak orang yang terluka dan menjadi salah satu bencana terburuk di Korea Selatan.

"Ini benar-benar tragis, tragedi dan bencana yang seharusnya tidak terjadi di jantung kota Seoul tadi malam," kata Presiden Yoon Suk-Yeol seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (31/10/2022).

Pada sebuah pernyataan, Presiden Yoon juga bersumpah untuk menyelidiki penyebab bencana tersebut hingga tuntas.

Para anggota keluarga korban terkejut dan para orang tua terlihat mencari anak-anaknya yang ikut dalam perayaan tersebut. Seorang ayah terlihat menangis saat mencoba mengambil jenazah putrinya, akibat dari tragedi maut tersebut. "Berita ini datang seperti sambaran petir dari langit biru," ucapnya.

Adapun, pejabat setempat mengatakan bahwa kebanyakan dari korban ialah berusia 20 tahunan. Menurutnya, jumlah korban tewas bisa terus meningkat.

Para pekerja darurat terlihat berusaha keras untuk melakukan CPR pada orang-orang yang tergeletak di tanah akibat tragedi Halloween tersebut.

Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan menyampaikan bahwa setidaknya 90 persen dari korban telah diidentifikasi pada tengah hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada 17 Ruas Jalan Kawasan Wisata Rusak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement