Advertisement

Halloween Berujung Tragedi di Itaewon Korea Selatan, 146 Orang Tewas

Miftahul Ulum
Minggu, 30 Oktober 2022 - 06:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Halloween Berujung Tragedi di Itaewon Korea Selatan, 146 Orang Tewas Tangkapan layar tragedi saat perayaan Halloween di Itaewon. / Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 146 orang tewas dan lebih dari 150 orang terluka akibat kerumunan perayaan Halloween di Itaewon, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan pada Minggu (30/10/2022) waktu setempat.

Departemen Kebakaran setempat menerima laporan sebagian massa pawai perayaan Halloween kesulitan bernapas sekitar pukul 22.22, Sabtu (29/10) waktu setempat. Sekitar pukul 23.30, petugas memberikan pertolongan pertama kepada puluhan orang yang tidak sadarkan diri di dekat Hamilton Hotel in Itaewon.

Advertisement

"Sekitar 50 pasien mengalami henti jantung," demikian laporan yang dipublikasi Koreaherald seperti dikutip dari Bisnis.com, Minggu (30/10/2022).

Warganet riuh melaporkan pawai massa bagian dari perayaan Halloween sejak Sabtu tengah malam, menjelang Minggu. Diunggah pula beberapa foto dan video pertolongan terhadap korban.

Unggahan lebih lanjut juga menunjukkan bagaimana kantong berwarna biru dijajar di tepian jalan. Kantong yang membungkus jasad mereka yang tidak lagi bernapas.

Koreanherald melaporkan ratusan orang merayakan pekan Halloween dengan turun ke jalan.

Merespons kejadian tragis ini, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memerintahkan semua kementerian dan lembaga, dipimpin Menteri Pelayanan Publik dan Administrasi, harus memberikan segala upaya untuk membantu korban. Pernyataan Presiden Yoon Sul-yeol menurut Lee Jae-myung, wakil Juru Bicara Kepresiden, diikuti pula dengan instruksi untuk mengambil langkah mengantisipasi kerawanan akibat perayaan Halloween di seluruh negeri.

Belum ada informasi dari otoritas, mengapa massa berkumpul di satu titik dan menyebabkan sebagian di antaranya gagal bernapas.

Hingga kini, para korban sedang diidentifikasi. Korban meninggal berkisar pada usia 20-an tahun.

Departemen Pemadam Kebakaran menerjunkan 848 personel, termasuk 364 petugas pemadan kebakaran, untuk dimobilisasi dalam penanganan kecelakaan ini. Sebanyak 142 ambulans juga disiagakan.

Tragedi yang menelan ratusan korban jiwa dalam perayaan Hallowen berpusat di sekitar Hamilton Hotel di Itaewon. Mulanya, sekitar pukul 23.30 waktu setempat, di lokasi tersebut dilaporkan puluhan orang kesulitan bernapas karena padatnya kerumunan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement