Advertisement

Arab Saudi Kini Izinkan Perempuan Umrah dan Haji Tanpa Mahram

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 12 Oktober 2022 - 13:37 WIB
Bhekti Suryani
Arab Saudi Kini Izinkan Perempuan Umrah dan Haji Tanpa Mahram Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloombergn

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Haji dan Umrah Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah mengumumkan bahwa mahram (saudara sedarah) tidak lagi diperlukan untuk menemani seorang jemaah wanita, yang ingin melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan haji atau umrah.

Keputusan ini mengakhiri kontroversi yang berlarut-larut tentang apakah seorang mahram diperlukan untuk menemani seorang jemaah wanita atau tidak.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebelumnya, jemaah perempuan wajib didampingi oleh mahram ketika ingin berumrah atau haji.

Rabiah juga menyebutkan bahwa tidak ada batasan untuk jumlah visa umrah yang dikeluarkan untuk Muslim dari seluruh dunia.

"Setiap Muslim yang datang ke Kerajaan dengan jenis visa apa pun dapat melakukan umrah," katanya.

Menteri menegaskan kembali upaya kerajaan untuk memodernisasi pemrosesan dan fasilitasi haji dan umrah dengan penggunaan digitalisasi dan kecerdasan buatan.

BACA JUGA: Aremanita yang Sempat Dijenguk Jokowi Meninggal, Korban Kanjuruhan Jadi 132

“Ini termasuk menggunakan robot untuk memberikan beberapa layanan kepada para jemaah, serta mengembangkan platform Nusk, yang menyediakan banyak fasilitas bagi para jemaah dan pengunjung Masjidil Haram. Dimungkinkan untuk memesan izin umrah melalui platform dalam waktu singkat. jangka waktu, dan setelah itu visa bisa diperoleh dalam waktu 24 jam," tambahnya.

Advertisement

Al-Rabiah menegaskan keinginan Arab Saudi untuk mengurangi biaya haji dan umrah, dengan mengatakan bahwa masalah tersebut terkait dengan sejumlah faktor. Menteri juga merujuk pada upaya yang dilakukan oleh Kerajaan selama periode terakhir mengenai pengenalan dan penggunaan teknologi modern dan digitalisasi layanan yang diberikan oleh kementerian kepada mereka yang ingin mengunjungi Dua Masjid Suci.

Di perkembangan lain, dia juga memaparkan bahwa biaya untuk perluasan Masjidil Haram di Makkah telah melebihi SR200 miliar dan ekspansi terbesar dalam sejarah masjid suci terus berlanjut.

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Kenang Masa Taruna, Lulusan AAU 2002 Bantu Warga Berbah

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement