Advertisement

BPD DIY Ajak Pelari Jelajahi Haritage Jogja dalam Malioboro Run

Media Digital
Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BPD DIY Ajak Pelari Jelajahi Haritage Jogja dalam Malioboro Run Dua dari kiri ke kanan. Singgih Raharjo, Santoso Rohmat, dan Ni Komang Darmiato dalam konferensi pers di Kantor Bank BPD DIY Digital Lounge, Jl. Malioboro Nomor 1, Gedongtengen, Jogja, Rabu (12/10/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank BPD DIY mengajak pelari di seluruh Indonesia untuk menjelajahi warisan budaya yang ada di Kota Jogja. Dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke-61, BPD DIY menggelar Malioboro Run bertema Let’s Run in the Heart of Jogja.

Berlangsung 11 Desember 2022, para pelari akan menikmati haritage Jogja mulai dari Hotel Inna Malioboro, Alun-Alun Utara, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pojok Benteng Barat dan Timur, Kotabaru, Tugu Pal Putih, dan kembali lagi ke Hotel Inna Malioboro.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, mengatakan kegiatan ini sebagai upaya memulihkan perekonomian masyarakat, terutama di DIY. Setelah terpuruk dalam kondisi ekonomi, dan saat ini keadaan sudah mulai membaik, maka kegiatan yang mengundang banyak orang perlu digenjot.

“Ini merupakan salah satu jenis sport tourism, yang multiplayer efek dari wisata ini sangat luar biasa,” kata Santoso dalam konferensi pers di Kantor Bank BPD DIY Digital Lounge, Jl. Malioboro Nomor 1, Gedongtengen, Jogja, Rabu (12/10/2022). “Malioboro Run juga bentuk penguatan Jogja sebagai kota wisata, pendidikan, dan budaya.”

BACA JUGA: Perdana, Pesawat NASA Berhasil Ubah Jalur Lintasan Asteroid

Santoso menargetkan 2.000 peserta dari berbagai daerah dalam Malioboro Run ini. Dia menyiapkan total Rp25 juta sebagai hadiah. Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp250.000 untuk kategori 10 kilometer dan Rp200.000 untuk 5 kilometer. Pendaftar akan mendapatkan jersey lari, nomor lari, medali bagi finisher, minuman, dan produk dari sponsor. 

Pemenang pertama putra dan putri kategori 10 kilometer akan mendapatkan masing-masing Rp6 juta. Juara dua dan tiga masing-masing Rp4 juta dan Rp2 juta. Sementara untuk kategori 5 kilometer, dari juara satu sampai tiga untuk putra dan putri, masing-masing akan mendapatkan Rp3 juta, Rp2 juta, dan Rp1 juta.

Advertisement

Pendaftaran peserta bisa dengan mengakses maliobororun.id. “Seluruh pembayaran menggunakan sistem digital. Ini juga menjadi sarana edukasi masyarakat akan keuangan digital. Peserta yang menggunakan pembayaran Bank BPD DIY akan mendapat diskon,” kata Santoso.

Malioboro Run bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY, KONI DIY, dan Hotel Grand Inna Garuda Malioboro. Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo, mengatakan Malioboro Run tahun ini menjadi yang pertama dan akan menjadi even tahunan.

“Malioboro Run memiliki daya tarik luar biasa. Biasanya marathon dilaksanakan di pinggir kota seperti Prambanan, Bantul, dan lainnya, Kali ini ada tantangan baru yang nantinya akan didapatkan runner, pengalaman berlari di dalam kota,” kata Singgih.

Advertisement

BACA JUGA: Pustakawan Usulkan Mahasiswa Tak Hanya Bikin Skripsi tetapi Juga Buku

Tidak hanya itu, pelari juga akan menikmati beberapa sajian atraksi budaya di beberapa ruti marathon. “Tidak sekadar running, pelari akan mendapat sambutan masyarakat sekitar. Beberapa gimmick kami sediakan di setiap kilometernya atau melewati kampung wisata tertentu, mungkin nanti ada kesenian lokal atau makanan lokal,” katanya.

General Manager Hotel Grand Inna Malioboro, Ni Komang Darmiati, mengatakan even seperti ini menjadi salah satu pengungkit okupansi perhotelan. “Setelah lama terpuruk, sekarang okupansi mulai membaik. Bulan September dan Oktober, okupansi mencapai 70 persen,” kata Darmiati. “Kami mendukung Malioboro Run dengan menyediakan 20 kamar dengan diskon 61 persen.”

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jokowi dan Kaesang Tiba di Rumah Erina di Sleman untuk Midodareni

Sleman
| Jum'at, 09 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement