Advertisement

Viral Penumpang Kereta Tertahan Berjam-jam Cuma Diberi Air Mineral, Bule Sampai Bagikan Mi Instan di Gerbong

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 10 Oktober 2022 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Penumpang Kereta Tertahan Berjam-jam Cuma Diberi Air Mineral, Bule Sampai Bagikan Mi Instan di Gerbong Perjalanan dengan kereta api. - Dok. Pegipegi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Perjalanan kereta yang tertahan berjam-jam akibat jalur yang amblas viral di media sosial. Salah satu warganet mempertanyakan tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memberikan kompensasi kepada penumpang atas kejadian itu.

Akun Twitter @ella_916 itu mempertanyakan tanggung jawab KAI sembari mengunggah foto tiga Warga Negara Asing (WNA) atau bule yang membagikan mi instan ke penumpang yang perjalanannya tertahan 8,5 jam.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia mengatakan kereta terhenti di Stasiun Cipari. Sayangnya, dikatakan bahwa tidak ada kompensasi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk para penumpang yang telah menunggu kurang lebih 8,5 jam. Penumpang hanya diberi 1 botol air mineral kecil padahal mereka sudah tertahan selama berjam-jam. 

Menanggapi cuitan itu, akun @ragilyuliatmoko ikut berkomentar dengan menjelaskan besaran kompensasi yang seharusnya diterima penumpang kereta berdasarkan jam keterlambatan yang mereka alami. 

"Pernah menanyakan ke @KAI121 ini jawabannya kalau keterlambatan kereta. Harusnya makanan berat dan minuman ya…," tulis dia. 

Dalam daftar yang ia tampilkan, ditunjukkan bahwa jika kereta terlambat >1 jam penumpang diberi minuman ringan senilai Rp2.500. >3 jam makanan ringan dan minuman senilai Rp15.000. > 5 jam makanan berat dan minuman senilai Rp30.000. >10 jam makanan berat dan minuman senilai Rp50.000. Melebihi 10 jam setiap kelipatan 5 jam diberikan kembali makanan berat dan minuman senilai Rp50.000. 

KAI telah menyampaikan permintaan maaf akibat gangguan perjalanan KA yang harus dialami oleh penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan gangguan disebabkan kerusakan pada jalur KA. Dia menuturkan, tingginya curah hujan menyebabkan jalur kereta api amblas. Akibat adanya gangguan tersebut, perjalanan sejumlah kereta api tertahan hingga lebih dari 8,5 jam di tengah-tengah perjalanan.

Sesuai aturan, pelanggan yang kedatangan perjalanan KA-nya terlambat lebih dari 5 jam berhak mendapatkan service recovery berupa makanan berat.

Advertisement

"Namun karena kondisi rangkaian kereta yang tertahan di tengah-tengah jalur KA, membuat akses untuk mendapatkan service recovery berupa makanan berat cukup sulit dan jika ada jumlah makanan yang tersedia di sekitar jalur KA tersebut sangat terbatas," ujar Joni, Minggu (9/10/2022).

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com, Twitter

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement