Advertisement

Profil Annie Ernaux, Peraih Nobel Sastra 2022

Asahi Asry Larasati
Sabtu, 08 Oktober 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Profil Annie Ernaux, Peraih Nobel Sastra 2022 Annie Ernaux - Twitter/Wikimedia Commons

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Annie Ernaux meraih Nobel Sastra 2022. Penulis Prancis ini mendapat penghargaan sastra tertinggi di dunia kerana keberanian dan ketajamannya dalam tulisan-tulisannya yang mayoritas adalah otobiografi.

Dilansir dari Bloomberg pada Jumat (7/10/2022) atas prestasinya Annie Ernaux menerima penghargaan 10 juta kronor (US $ 900.000),

Advertisement

"#NobelPrize in Literature 2022 diberikan kepada penulis Prancis Annie Ernaux karena keberanian dan ketajamannya dalam buku-bukunya yang sebagian besar terkait pengekangan kolektif dari ingatan pribadi," cuit akun resmi The Nobel Prize @NobelPrize.

Ernaux mengatakan ia sangat merasa terhormat telah mendapatkan penghargaan ini. “(Penghargaan ini) menciptakan tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan melawan ketidakadilan,” ungkapnya seperti dikutip BBC.

Ketua komite sastra Nobel Prize Anders Olsson mengatakan karya wanita berusia 82 tahun itu sangat mengagumkan dan abadi.

“Ernaux menggunakan keberanian dan ketajaman untuk menceritakan kisah otobiografi yang mengungkap kontradiksi pengalaman sosial [dan] menggambarkan rasa malu, penghinaan, kecemburuan atau ketidakmampuan untuk melihat siapa Anda,” ungkap Osslon.

Ernaux adalah wanita Prancis pertama yang memenangkan penghargaan nobel sastra.

Ernaux mengatakan sastra tidak dapat memiliki dampak langsung, tetapi dia tetap merasa perlu untuk mempertahankan perjuangan untuk hak-hak perempuan dan yang tertindas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement