Advertisement

Ditolak Kerja, Lantaran Ada Nomor Ponsel dengan Angka 5

Sirojul Khafid
Selasa, 20 September 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
Ditolak Kerja, Lantaran Ada Nomor Ponsel dengan Angka 5 Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Apa alasan sebuah perusahaan menolak pelamar kerja? Bisa jadi karena tidak sesuai kebutuhan, kualifikasi, atau lainnya. Namun manager salah satu perusahaan Pendidikan di Shenzhen, Guangdong, China cukup berbeda. Dia menolak pelamar kerja yang di nomor teleponnya terdapat angka ‘5’ di urutan kelima.

Petinggi perusahaan itu menyebut pertimbangan angka di nomor telepon terkait dengan keberuntungan. Apabila benar-benar ingin bekerja di perusahaan itu, maka pelamar perlu mengubah nomor teleponnya, jangan sampai ada angka ‘5’ di urutan kelima.

Advertisement

Kejadian ini tidak perlu waktu lama untuk kemudian viral di media sosial setempat. Banyak yang menyecam keputusan perusahaan lantaran terkait dengan takhayul.

Meski tampak aneh, adapula yang kemudian membenarkan atau setidaknya memberikan penjelasan kebijakan perusahaan tersebut. Di kutip dari What's On Weibo, Selasa (6/9/2022), seorang blogger bernama Jimenjun, yang mengklaim berspesialisasi dalam ilmu astrologi dan numerologi, menjelaskan kondisi perekrutan yang aneh kemungkinan besar terinspirasi oleh teks ramalan Tiongkok kuno I Ching atau Yi Jing, atau juga dikenal sebagai “Buku Perubahan,” yang mencakup teori kelipatan 5 yang dianggap tidak menguntungkan.

Jimenjun menambahkan bahwa seseorang dengan '5' sebagai digit kelima di nomor telepon mereka, dapat dengan mudah berbenturan dengan atasan mereka dan juga membawa nasib buruk bagi bos mereka.

"Ibuku memberitahuku bahwa akan lebih baik jika nomor teleponku tidak berisi 0 atau 5, jadi tidak ada satu pun angka 5 di sana," kata seorang netizen di Weibo.

Pengguna lain mengomentari apabila hal tersebut sudah tidak relevan di dunia modern seperti saat ini. Penolakan karyawan dengan alasan tidak masuk akal justru bentuk diskriminasi. “Ini abad ke-21, dan masih ada bos yang percaya takhayul. Mengapa Anda tidak menyewa saja seorang Guru Feng-shui yang meramal?” satu orang berkomentar.

Jadi, apakah ada angka ‘5’ di ponsel Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement