Advertisement

10.000 Petugas Amankan Pemakaman Ratu Elizabeth II Besok

John Andhi Oktaveri
Minggu, 18 September 2022 - 10:57 WIB
Budi Cahyana
10.000 Petugas Amankan Pemakaman Ratu Elizabeth II Besok Warga memberi penghormatan saat peti mati Ratu Elizabeth II Inggris disemayamkan di Westminster Hall di London, Inggris, Rabu (14/9/2022). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Lebih dari 10.000 petugas akan mengamankan pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022). Pemakaman itu menjadi acara terbesar bagi polisi dan pegawai istana dengan ratusan ribu pelayat berbaris di jalan-jalan dan 500 pejabat asing dan pemimpin dunia yang akan hadir.

Kepala polisi mengatakan kehadiran mereka di jalan-jalan pada hari Senin (19/9/2022) akan menjadi rekor terbesar mereka. Lebih dari 10.000 petugas yang bertekad untuk menggagalkan segala upaya untuk mengganggu atau mengeksploitasi acara tersebut.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan berbaris di rute pemakaman dari pusat London ke Windsor, Berkshire, tempat mendiang Ratu akan dimakamkan seperti dikutip TheGuardian.com, Sabtu (17/9/2022).

Sekitar 500 pejabat asing akan menghadiri pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey. Hal itu akan membuat operasi perlindungan pribadi terbesar yang pernah dilakukan oleh polisi Metropolitan Inggris.

Liz Truss, Perdana Menteri Inggris, diperkirakan akan bertemu enam pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, dan Pemimpin  Irlandia Michael Martin menjelang acara pemakaman untuk pembicaraan pribadi yang berlangsung di kawasan pedesaan.

Akan tetapi, banyak bangsawan asing dan kepala negara diperkirakan akan menggunakan bus antar-jemput daripada mobil pribadi ke layanan Westminster Abbey pada Senin (19/9/2022).

Antrean Sempat Ditangguhkan

Lebih dari 100.000 orang diyakini telah bergabung dalam antrean lima mil untuk melihat Ratu berbaring di Westminster Hall. Antrean sempat ditangguhkan sebagian hingga Jumat (16/9/2022) ketika waktu tunggu mencapai lebih dari 14 jam. Antrean dibuka kembali dengan peringatan dari pemerintah bahwa waktu tunggu selama 24 jam dan cuaca akan dingin semalaman.

Kementerian Kesehatan (NHS) menyatakan ambulans disiapkan untuk membantu lebih dari 400 orang yang pingsan atau jatuh sakit saat menunggu. Layanan ambulans London mengerahkan 300 staf tambahan pada hari pemakaman kenegaraan dan meminta orang-orang untuk "menggunakan layanan dengan bijak" pada Senin (19/9/2022).

Ribuan pegawai negeri, tim inti yang terdiri lebih dari 100 orang serta sukarelawan, telah dikerahkan untuk mengatur pemakaman yang dipimpin oleh Sarah Healey, sekretaris tetap Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga.

Sumber pemerintah mengatakan pemakaman Ratu adalah acara layanan publik terbesar sejak Olimpiade dan salah satu yang terbesar yang pernah ada, serta menjadi acara internasional terbesar untuk pejabat asing yang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri.

Advertisement

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Pakai Danais, 40 Rumah Warga Miskin Dibangun dengan Arsitektur Gaya Jogja

Jogja
| Senin, 03 Oktober 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement