Advertisement

Soal Data Presiden dan Wapres Diduga Bocor, Begini Respons KSP

Khadijah Shahnaz
Jum'at, 09 September 2022 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Soal Data Presiden dan Wapres Diduga Bocor, Begini Respons KSP Tangkapan layar situs breach.to yang menjajakan data pribadi hasil peretasan - Bisnis - Khadijah Shahnaz

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (KSP) mengatakan masalah dugaan kebocoran data milik Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi kewenangan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sekadar informasi, data Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta Ma'ruf Amin diduga dibobol dan dijualbelikan di darkweb."Ditanyakan hal tersebut ke Kemenkominfo atau BSSN, hal teknis mereka yang pegang," ujar KSP kepada Bisnis, Jumat (9/9/2022).

Informasi bocornya data itu telah tersebar di situs breached.to. Belakangan, situs ini juga menjadi pangkalan penyebaran data digital penduduk yang dibocorkan.  

Sebelumnya peretas yang membobol  data registasi SIM Card dengan nama akun Bjorka mengatakan pada pada saluran Telegram miliknya, bahwa target selanjutnya adalah Presiden RI.

Adapun, kali ini Hacker yang membobol data dan menjualnya bukanlah Bjorka melainkan Poxaca. Dalam data yang diduga bocor tersebut, terdapat NIK, Nomer KK, NIK Orangtua dan Alamat. Data ini pun dijual seharga US$2.000 atau senilai Rp59,3 juta. 

Belum lama ini pun Bjorka pada situs breached.to memberikan pesan kepada pemerintahan Indonesia terutama kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA: Buntut Kasus Brigadir J, AKBP Pujiyarto Disanksi Patsus 28 Hari

Pesan itu berjudul "My Message to Indonesian Government" atau Pesan Saya kepada Pemerintah Indonesia. Bjorka mengunggah tangkapan layar sebuah berita mengenai pesan Kominfo kepada peretas. Dia pun membalas untuk Kemenkominfo untuk berhenti menjadi idiot.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Donor & Update Stok Darah di DIY Hari Ini

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement