Advertisement

Perdana Sejak Covid-19, Indonesia Sambut Kapal Pesiar Asing

Anitana Widya Puspa
Minggu, 04 September 2022 - 06:57 WIB
Sirojul Khafid
Perdana Sejak Covid-19, Indonesia Sambut Kapal Pesiar Asing Ilustrasi kapal pesiar. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menyebut Indonesia akan menerima kunjungan perdana kapal pesiar Laperouse asal Australia sejak pandemi Covid-19.

Regional Head III Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menuturkan kapal pesiar dengan panjang 131 meter tersebut direncanakan akan membawa sekitar 70 wisatawan mancanegara dan dijadwalkan akan tiba perdana di Pelabuhan Kalabahi, Nusa Tenggara Timur pada 16 September 2022.

Advertisement

Selanjutnya kapal pesiar tersebut akan melanjutkan perjalanan ke sejumlah pelabuhan dan kota Indonesia salah satunya adalah di Pelabuhan Benoa pada 19 September.

“Ini adalah momentum yang sangat kami tunggu setelah hampir 2 tahun ini kita tidak menerima kunjungan kapal akibat pandemi," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (3/9/2022).

BACA JUGA: BBM Naik, Ekonom: Tidak Kreatif!

Kesiapan dalam menyambut kunjungan perdana kapal pesiar tersebut dilakukan dengan mempercepat Bali Maritime Tourism Hub (BMTH). Pihaknya juga telah melakukan persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam menyiapkan infrastruktur operasional hingga pedoman protokol kesehatan bagi wisatawan asing.

Ardhy menuturkan selama kurun waktu pada tahun ini sudah menerima sedikitnya 39 rencana kunjungan kapal pesiar. Sementara jumlah tersebut meningkat cukup signifikan pada 2023 dengan total 125 bookingan kapal atau rencana kunjungan kapal pesiar.

“Benar saat ini kami sudah mendapatkan sejumlah rencana kunjungan kapal pada 2022 dan 2023, ini harus kita persiapkan dengan baik sehingga bisa memberikan dampak kepada ekonomi wisata di Indonesia," imbuhnya.

BACA JUGA: Mensos Pastikan Data Bansos Akurat karena Diperbarui Setiap Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penemuan Jenazah di Dam Sungai Opak, Polres Bantul Selidiki Identitas

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement