Advertisement

Ahmad Zulkarnain Berpulang, Ganjar Pranowo Kehilangan Sahabat Terbaik

Media Digital
Senin, 29 Agustus 2022 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Ahmad Zulkarnain Berpulang, Ganjar Pranowo Kehilangan Sahabat Terbaik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bertakziah ke kediaman mendiang Achmad Zulkarnain. - Istimewa

Advertisement

BANYUWANGI — Achmad Zulkarnain, fotografer asal Banyuwangi yang dikenal dengan panggilan Bang Dzoel itu telah pergi. Sosoknya yang sangat menginspirasi meninggalkan kenangan sekaligus kesedihan mendalam. Salah satunya dirasakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar dan Bang Dzoel sudah bersahabat sejak lama. Beberapa kali, Ganjar ngobrol dengan fotografer difabel yang memotret tanpa tangan dan kaki itu lewat dunia maya.

Pada Minggu (28/8/2022), Ganjar sebenarnya sudah berjanji dengan Bang Dzoel untuk bertemu di Banyuwangi dan ngopi bersama. Tetapi takdir berkata lain, Bang Dzoel dipanggil Sang Pencipta pada Rabu (24/8/2022) lalu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Saya sudah lama kenal Bang Dzoel, saya beberapa ketemu di dunia maya dan belum lama ini telpon beliau dan janjian ketemu saat saya melantik Pengcab Kagama Banyuwangi. Tetapi Allah berkehendak lain, hari ini saya takziah ke rumahnya bertemu istri dan keluarganya," kata Ganjar.

BACA JUGA: Menguras Duit Jumbo, Kontrak 19 Paket Proyek IKN Resmi Diteken! Ini Daftarnya

Sosok Bang Dzoel bagi Ganjar adalah legenda. Perjuangan hidupnya sangat hebat, dengan keterampilan fotografi yang sangat baik. Karya-karyanya juga sangatlah bagus dengan angle yang tak biasa.

"Bang Dzoel ini sosok pejuang yang hebat dengan karya yang luar biasa. Sebagai penggemar fotografi, saya tidak mampu menciptakan karya seperti itu. Bang Dzoel punya talenta yang hebat dan angle fotonya luar biasa," ucapnya.

Saat ini Bang Dzoel sudah tiada. Meski begitu, Ganjar berharap semangat yang ia tunjukkan mampu menginspirasi semua anak bangsa. Khususnya mereka yang memiliki keterbatasan.

"Bang Dzoel mengajarkan pada kita bagaimana survive, bagaimana bisa bergerak meski dengan keterbatasannya. Bapaknya ini yang mendesain sepeda hingga motor yang bisa membuat ia bisa bergerak. Ia penuh semangat, terus berlatih dan akhirnya bisa," jelasnya.

Advertisement

Siapapun lanjut Ganjar bisa sukses dengan semangat yang ditunjukkan Bang Dzoel. Keterbatasan bukanlah halangan untuk terus berkarya memberikan yang terbaik.

"Itulah semangat yang Bang Dzoel berikan ke kita. Jadi yang lain mesti punya inspirasi dan semangat seperti itu. Yang lain juga insya Allah bisa. Tentu kita turut berduka cita, semoga Bang Dzoel khusnulhatimah," pungkasnya.

Sementara itu, istri Bang Dzoel, Habibah mengucapkan terimakasih pada Ganjar yang sudah berkenan takziah ke rumahnya. Ia membenarkan, bahwa hubungan Ganjar dan suaminya sangat baik.

Advertisement

"Terimakasih atas kunjungan pak Ganjar, mohon doanya dan kalau ada salah tolong dimaafkan. Memang Bang Dzoel sempet ngobrol kalau mau ketemu pak Ganjar. Sering juga suami saya cerita soal pak Ganjar dan kemarin waktu ke Solo acara Paragames sebenarnya mau motret pak Ganjar tapi belum bertemu," kenangnya.

Habibah berharap kisah perjuangan Bang Dzoel bisa menginspirasi banyak orang. "Harapan saya ke teman-teman semua, semoga semangat beliau itu tetap ada dan bisa diteruskan oleh anak-anak lainnya," ujar dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement