Advertisement

Kini Tersangka, Ferdy Sambo Dulu Pernah Tangani Kasus Bom Sarinah hingga Kebakaran Gedung Kejagung

Lukman Nur Hakim
Jum'at, 12 Agustus 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Kini Tersangka, Ferdy Sambo Dulu Pernah Tangani Kasus Bom Sarinah hingga Kebakaran Gedung Kejagung Kondisi gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, Minggu (23/8/2020). Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan petugas dari tim laboratorium forensik (Labfor) dan Inafis menunda olah tempat kejadian (TKP) kebakaran gedung Kejaksaan Agung karena terkendala asap sehingga belum dapat menjangkau secara keseluruhan lokasi kebakaran, rencananya olah TKP akan dilakukan pada Senin (24/8/2020). ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Nama mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo menjadi sorota karena kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir J. Dia ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal pembunuhan berencana, Pasal 340 sub 338 jo 55 dan 56 KUHP.

Ferdy Sambo adalah jenderal bintang dua yang kariernya melesat di Polri. Tercatat, Sambo dipercaya menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri pada 8 November 2019. Lalu, pada 16 November 2020, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Brigjen Pol Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

Selama menjabat sebagai polisi, ada beberapa kasus besar yang pernah ditangani Ferdy Sambo. Berikur daftar kasusnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Bom Sarinah

Pada tahun 2016, Ferdy Sambo menangani aksi bom bunuh diri di Sarinah, MH Thamrin-Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Pada saat kejadian, Ferdy Sambo masih berpangkat ajun komisaris besar (AKBP) di bawah pimpinan Krishna Murti. Diketahui bahwa kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang didalangi oleh Aman Abdurrahman, ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) menjadi dalang bom bunuh diri ini terjadi.

Kasus Djoko Tjandra

Ferdy Sambo turut ambil andil dalam mengungkap kasus surat palsu yang didalangi oleh pengusaha Djoko Tjandra karena pada saat itu dia menjabat sebagai Dirtipidum Polri.

Kala itu, Djoko Tjandra merupakan buron kelas atas yang terlibat kasus hak tagih (cassie) Bank Bali. Penangkapan ini sukses dilakukan berkat kerja sama antara Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

BACA JUGA: Iring-iringan Moge Tabrak Warga di Kulonprogo

Kebakaran Kejaksaan Agung

Tahun 2020 memang menjadi tahunnya Ferdy Sambo ketika berhasil menuntaskan kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

Advertisement

Ferdy Sambo yang ikut membantu menangani kasus kebakaran ini berpendapat bahwa kebakaran Kejagung disebabkan oleh api dari puntung rokok.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi, Pemkot Jogja Berjanji Tingkatkan Pelayanan

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement