Advertisement

Pembakaran Tumpukan Sampah Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Karanganyar

Akhmad Ludiyanto
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 22:07 WIB
Jumali
Pembakaran Tumpukan Sampah Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Karanganyar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR — Pembakaran tumpukan sampah diduga menjadi penyebab kebakaran gudang rongsok di jalan Solo-Sragen km 15 di Dusun Driyan, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jumat (5/8/2022).

Kapolsek Kebakkramat, AKP Ridwan, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan sebelum kebakaran terjadi ada warga yang membakar tumpukan sampah. Tak lama kemudia angin berembus kencang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Api dari Bakaran Sampah itu menyambar kayu di gudang milik Rokhim, 44, warga Desa Jurangjero, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen tersebut.

“Sekira pukul 09.00 WIB ada warga yang membakar sampah daun kering di utara gudang dengan jarak sekitar 2 meter. Kemudian angin berembus kencang dan membuat api membesar yang kemudian merambat ke kayu usuk yang bersandar pada tembok gudang,” ujar Ridwan.

Melihat hal itu warga yang membakar sampah itu berusaha memadamkan api dengan air dan berteriak minta tolong. Kemudian ada warga lain yang datang dan berusaha ikut memadamkan api.

Sayangnya api telanjur membesar dan menjalar ke dalam gudang melalui lubang tembok yang berisi rongsok berupa kardus dan plastik. Api pun dengan mudah membesar dan menghanguskan gudang beserta isinya.

Sebelumnya, kebakaran melanda satu unit gudang rongsok di Dusun Driyan, Jumat. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Beberapa warga di lokasi mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Salah seorang warga sekitar, Ngatmin, 42, mengatakan api diduga muncul dari bagian belakang bangunan. “Kelihatannya api dari belakang. Lalu memyambar ke barang-barang rongsok yang di dalam,” ujarnya.

Advertisement

Api cepat membesar karena gedung yang terletak di utara Gapura Gading perbatasan Karanganyara-Sragen itu berisi barang-barang yang mudah terbakar.

Sementara itu, tujuh unit pemadam kebakaran (damkar) dari Karanganyar, Solo, dan Sragen didatangkan ke lokasi untuk memadamkan api. Hingga pukul 11.10 WIB, api dan kepulan asap masih terlihat di lokasi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sudah Usang, Plafon Ruang Kelas SDN Sendangsari Patuk Ambrol

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement