Advertisement

Korea Utara Mengklaim Nihil Kasus Covid-19 Baru

Nancy Junita
Minggu, 31 Juli 2022 - 05:27 WIB
Sirojul Khafid
Korea Utara Mengklaim Nihil Kasus Covid-19 Baru Pyongyang Korea Utara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Korea Utara melaporkan tidak ada kasus demam baru. Hal ini terutama sejak mereka untuk pertama kalinya mengakui munculnya wabah Covid-19 pada pertengahan Mei. Kabar tersebut dilaporkan media milik pemerintah KCNA seperti dikutip dari ChannelNewsAsia.com, Sabtu (30/7/2022).

Korea Utara mengatakan awal bulan ini bahwa mereka berada di jalur untuk "akhirnya meredakan" krisis Virus Corona. Kantor berita resmi KCNA mengatakan 99,99 persen dari 4,77 juta pasien demam sejak akhir April telah pulih sepenuhnya. Tetapi karena kurangnya pengujian, mereka belum merilis angka apa pun tentang orang yang dites positif terinfeksi Virus Corona.

Advertisement

Para ahli penyakit menular meragukan klaim Korea Utara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bulan lalu mereka yakin situasinya semakin buruk, bukan lebih baik di tengah tidak adanya data independen.

KCNA mengatakan pasukan perawatan bergerak cepat masih dalam siaga tinggi dan upaya sedang dilakukan untuk "mendeteksi dan membasmi epidemi" sampai pasien terakhir pulih sepenuhnya.

BACA JUGA: Rusia Akan Gelar Referendum di Wilayah Pendudukan Ukraina

Media pemerintah mengatakan 204 pasien demam sedang dalam perawatan pada hari Jumat (29/7/2022). Kemungkinan deklarasi kemenangan Pyongyang melawan Covid-19 dapat menjadi awal untuk memulihkan perdagangan yang telah lama terhambat oleh pandemi, kata para analis Korea Utara.

Volume perdagangan anjlok 17,3 persen menjadi US$710 juta tahun lalu di tengah penutupan perbatasan yang ketat. Korea Utara untuk sementara memulai kembali operasi kereta barang dengan China awal tahun ini, tetapi menangguhkannya lagi pada April karena meningkatnya kekhawatiran akan penyebaran Virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement