Advertisement

Rusia Akan Gelar Referendum di Wilayah Pendudukan Ukraina

Nancy Junita
Sabtu, 30 Juli 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Rusia Akan Gelar Referendum di Wilayah Pendudukan Ukraina Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu memastikan bahwa perang Rusia vs Ukraina berlanjut hingga tugas dari Presiden Vladimir Putin selesai. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @tass.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Intelijen pertahanan Inggris mengatakan Rusia ingin mengadakan referendum di wilayah Ukraina yang diduduki.

Otoritas yang ditempatkan Rusia di wilayah yang baru diduduki di Ukraina selatan berada di bawah tekanan yang meningkat dari Moskow dan mungkin bersiap mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia akhir tahun ini, kata Kementerian Pertahanan Inggris, Sabtu (30/7/2022) dikutip dari Aljazeera dan rferl.org.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Otoritas lokal kemungkinan memaksa penduduk untuk mengungkapkan informasi pribadi untuk menyusun daftar pemilih," kata kementerian itu dalam pembaruan intelijen reguler.

Dikatakan, bahwa Rusia mengklasifikasikan daerah-daerah yang diduduki sebagai berada di bawah "administrasi sipil-militer" sementara.

Bulan lalu, pemerintahan militer yang didirikan Moskow di sekitar kota Kherson yang diduduki Ukraina mengatakan sedang bersiap untuk mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Kherson, sebuah pelabuhan penting di Laut Hitam, telah sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia sejak awal Maret, hanya beberapa minggu setelah Moskow melancarkan invasi tanpa alasan ke Ukraina.

Pada tahun 2014, Rusia secara ilegal mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina setelah referendum yang disengketakan yang secara luas diyakini dipalsukan, dengan hasil yang menunjukkan hampir 97 persen pemilih mendukung bergabung dengan Rusia.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Peringati 1 Abad Nahdlatul Ulama, 11 Pasangan Dinikahkan Berbarengan

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement