Advertisement

Sandiaga Uno: APG 2022 di Solo Dongkrak Perekonomian

R Bony Eko Wicaksono
Minggu, 24 Juli 2022 - 16:17 WIB
Jumali
Sandiaga Uno: APG 2022 di Solo Dongkrak Perekonomian Logo Asean Paragames (APG) 2022 / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Event ASEAN Para Games atau APG 2022 di Kota Solo diharapkan menjadi pengungkit kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Hal ini bagian dari sport tourism yang mengombinasikan aktivitas olahraga dengan wisata.

Kegiatan torch relay atau pawai obor APG 2022 digelar berbarengan dengan car free day (CFD) yang juga merupakan salah satu pendongkrak perekonomian Kota Bengawan di Jl Slamet Riyadi, Minggu (24/7/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kegiatan itu diikuti mantan atlet, atlet, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo. Mereka diiringi beberapa kelompok seni yang menampilkan tarian lokal di depan Stadion Sriwedari.

Rombongan pembawa obor APG 2022 dan unsur Forkopimda menyusuri Jl Slamet Riyadi Solo mulai pukul 06.00 WIB. Rombongan lantas masuk ke Stadion Sriwedari untuk menyaksikan victory lap yang dilakukan beberapa atlet dengan mengelilingi stadion.

Acara itu juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Sandiaga menyerahkan obor api kepada Ketua Nation Paralympic Commite (NPC) Indonesia, Senny Marbun. Pawai obor lantas dilanjutkan ke Balai Kota Solo.

“APG 2022 merupakan bagian dari sport tourism yang diharapkan berimplikasi sebagai pengungkit perekonomian dan industri wisata. Ini event internasional yang diikuti atlet-atlet yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Sport Tourism kita mulai saat MotoGP di Sirkuat Mandalika pada Maret,” kata Sandiaga Uno, saat ditemui wartawan, Minggu.
1.800 Atlet

Pria berkacamata itu menyampaikan ada 1.800 atlet dari mancanegara yang berpartisipasi dalam event APG 2022 di Solo. Mereka akan menginap di hotel yang tersebar di Kota Bengawan selama sepekan.

Hal ini berimplikasi positif bagi sektor penunjang pariwisata seperti hotel, restoran serta beragam produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Imbasnya, event internasional tersebut diharapkan mampu mengerek dan menggeliatkan perekonomian.

Advertisement

“Jadi tidak hanya aspek olahraga yang naik melainkan sektor penunjang industri pariwasata dan ekonomi kreatif. Saya diberi tugas oleh Pak Presiden [Joko Widodo] untuk mengawal agar event APG 2022 berjalan sukses dan memberikan dampak positif di Tanah Air,” ujarnya.

Lebih jauh, Sandiaga Uno memberikan suntikan semangat kepada kontingen Indonesia agar bisa menorehkan tinta emas pada ajang APG 2022 di Solo. Dia menaruh harapan besar, kontingen Indonesia mampu meraih medali emas terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum.

Sementara itu, Ketua Indonesia Asean Paragames Organizing Comittee (INAPOC) sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan masyarakat Kota Solo sangat antusias menyambut event APG 2022.

Advertisement

Hal ini terlihat saat kegiatan pawai obor di area CFD Solo. Mereka menyaksikan rombongan pembawa obor mulai dari Puwosari sampai depan Balai Kota Solo. “Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Event ini juga didukung masyarakat Kota Solo dan sekitarnya,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perhatian, Ini Rencana Pengalihan Lalu Lintas dari Maguwo ke UIN Saat Pernikahan Kaesang-Erina Sabtu Besok

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement