Advertisement

APG 2022 : Banyak Seniman Lokal Dilibatkan Saat Pembukaan

Jumali
Rabu, 13 Juli 2022 - 11:27 WIB
Jumali
APG 2022 : Banyak Seniman Lokal Dilibatkan Saat Pembukaan Ilustrasi Asian Para Games 2018. - Ist/Instagram Asian Para Games 2018

Advertisement


Harianjogja.com, SOLO — Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC) akan melibatkan banyak seniman lokal pada upacara pembukaan ASEAN Para Games (APG) 2022.

Sekretaris Jenderal INASPOC Rima Ferdianto mengatakan, sesuai dengan arahan Wali Kota Surakarta yang juga Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka nantinya akan ada banyak pekerja dan seniman Solo yang terlibat.

"Yang paling penting adalah banyak seniman Solo, semua terlibat di dalam opening dan closing ceremony. Beliau (Gibran) menekankan itu, di semua segmen harus sebanyak mungkin melibatkan mereka," katanya, dikutip dari Antara, Rabu (13/7/2022).

Meski demikian, untuk pembukaan ASEAN Para Games yang dilaksanakan pada 30 Juli 2022 masih dirahasiakan oleh pihak panitia dan akan dijadikan sebagai kejutan untuk masyarakat.

"Banyak hal unik nantinya, jadi suatu gimmick, dilihat saat opening saja. Ada yang menarik penonton, ada human configuration. Nggak boleh dibocorin, ini kan prosesnya belum selesai," katanya.

Terkait keterlibatan artis ibu kota, ia belum ingin banyak menyampaikan.

"To be confirm (dalam konfirmasi), jadi banyak alternatif. Mereka harus dikontak dulu availabelity-nya karena banyak artis untuk MC dan penyanyi, yang jelas juga akan melibatkan penyanyi dari penyandang disabilitas, tadi saya lihat ada Ardha (penyanyi difabel asal Solo)," katanya.

Selanjutnya, mengenai lagu yang menjadi tema APG 2022, dikatakannya, akan dirilis bersamaan dengan kirab api atau torch relay pada 17 Juli 2022.

"Theme song pertama Bahasa Inggris, kedua Bahasa Indonesia. Untuk theme song Bahasa Inggris akan dibawakan Delon, kemudian ada penyanyi Jepang, ada Richardo Rio, kolaborasi banyak penyanyi dengan komposer Dwiki Darmawan, namanya Striving for Equality atau S for E," katanya.

Sedangkan untuk lagu tema Bahasa Indonesia, dikatakannya, akan dinyanyikan oleh penyanyi Nella Kharisma.

Advertisement

Ia memastikan meski anggaran pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 terbatas, tidak akan mengurangi kemeriahan acara.

"Meskipun ini budgetnya jauh terbatas, beda dengan Asian Para Games, beda dengan Peparnas yang budgetnya sampai ratusan miliar, namun kami harapkan kemeriahannya tidak kalah dengan yang berbudget puluhan kali lebih besar," katanya.

Sementara itu, mengenai jumlah penonton pada upacara pembukaan yang akan dilaksanakan di Stadion Manahan, dikatakannya, kemungkinan akan diisi oleh 50 persen dari kapasitas total.

Advertisement

"Kapasitas penonton kan 22.000, kalau diizinkan oleh Satgas Covid-19 mungkin akan mengundang 10.000 orang. Jadi membatasi separuh stadion. Mengenai reservasi tergantung posisinya, apakah mereka menerapkan undangan, tiket, dan sebagainya. Ada beberapa metode untuk skrining tersebut," katanya.

Terkait kedatangan Presiden Joko Widodo pada upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022, Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka mengatakan sejauh ini belum dapat dipastikan.

"Ya diundang, ada Presiden, Wapres, menteri terkait. Dari luar negeri ada Perdana Menteri Kamboja sebagai penerima event selanjutnya, (datang) saat closing," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Digali dari Arsip HB I, Kraton Luncurkan Katalog Digital Motif Batik Larangan

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement