Advertisement

Tingkatkan Produktivitas Petani, PLN Sambungkan Listrik Persawahan di Boyolali

Media Digital
Selasa, 19 Juli 2022 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Tingkatkan Produktivitas Petani, PLN Sambungkan Listrik Persawahan di Boyolali Direktur Regional PLN Jawa Madura Bali, Haryanto WS. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- PLN terus berupaya mendorong peningkatan ekonomi di bidang pertanian melalui program Electrifiying Agriculture.

Hal ini diwujudkan dengan melakukan penyambungan listrik pada empat sumur sawah dengan daya masing-masing 3.500 VA di Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Selasa (19/7/2022).

Advertisement

Penyambungan listrik ini diresmikan langsung oleh Direktur Regional PLN Jawa Madura Bali, Haryanto WS didampingi Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

"Insyaallah PLN akan terus membangun kelistrikan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Boyolali. Harapan kami dengan penyambungan listrik di sumur sawah pada hari ini dapat meningkatkan produktivitas petani. Semoga bermanfaat dan barokah," ucap Direktur Regional PLN Jawa Madura Bali, Haryanto WS melalui rilis, Selasa.

BACA JUGA: KPK Dalami Arahan Haryadi Suyuti Memuluskan Izin Proyek Apartemen di Jogja

Sementara itu, Bupati Kabupaten Boyolali, M. Said Hidayat mengungkapkan bahwa wilayah Sambi dan sekitarnya selama ini memang memerlukan dukungan air untuk persawahan.

Itulah sebabnya, dia berharap dengan dukungan penyambungan listrik area persawahan ini dapat mewujudkan Boyolali yang hijau. "Hari ini [Selasa] PLN masuk hingga titik persawahan dan kami dengar bersama begitu menyejukkan suara air yang mengalir. Kami sangat berterima kasih atas sambungan listrik ini dan berharap para petani dapat menghasilkan panen yang melimpah dan baik untuk manfaat jangka panjang," ujar dia.

Sepanjang tahun ini, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY telah menyambungkan listrik ke sebanyak 364 pelanggan di berbagai jenis bidang agrikultur di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY atau setara dengan 6.400 kVA.

Sementara di Kabupaten Boyolali telah tersambung 48 pelanggan dengan total daya sebesar 278 kVA.

BACA JUGA: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 37 Dibuka, Airlangga Minta Manfaatkan Sebaik-baiknya

Ketua Kelompok Tani Ayem Tentrem, Suhardi, selaku penerima manfaat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN untuk kemudahan dalam menyambungkan listrik. “Kami ucapkan terima kasih kepada PLN, karena telah memberikan kemudahan dalam menyuplai listrik meskipun lokasinya cukup jauh,” ungkapnya di sela-sela kegiatan peresmian.

Suhardi juga mengatakan bahwa biaya operasional dengan menggunakan listrik PLN lebih murah dan mudah sehingga dapat membantu para petani dalam penanaman padi.

“Dengan listrik PLN, biaya operasionalnya lebih murah dan degan listrik PLN kami dapat membuat sumur sawah sehingga debit airnya konstan dan berpotensi dapat panen sebanyak empat kali sesuai anjuran pemerintah dalam program IP 400,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement