Advertisement

Tiga Pemenang Lomba TikTok 'Enggak Pertamax, Enggak Gaul'

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 13 Juli 2022 - 07:47 WIB
Sirojul Khafid
Tiga Pemenang Lomba TikTok 'Enggak Pertamax, Enggak Gaul' Tangkap layar pemenang lomba TikTok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tiga peserta terpilih menjadi pemenang lomba TikTok 'Enggak Pertamax, Enggak Gaul,' Lomba ini diselenggarakan PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah bersama Harian Jogja. Kegiatan ini juga sebagai media edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Adapun ketiga pemenang yaitu @zainnajibr sebagai juara pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp2,5 juta. Kemudian, @thisiisanha sebagai juara kedua berhak mendapatkan uang tunai Rp2 juta. Juara ketiga @sinyondutz mendapatkan Rp1 juta.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, mengatakan penyelenggaraan lomba ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi penggunaan BBM non subsidi. BBM non subsidi dinilai lebih ramah lingkungan, dan lebih baik untuk kendaraan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: DPR Minta Pemerintah Susun Skema Kredit Rumah yang Sesuai dengan Daya Beli Milenial

Untuk melihat kualitas BBM untuk Gasoline dapat dilihat dari Research Octane Number (RON). Semakin tinggi RON dari jenis BBM, maka kualitas akan semakin baik. Untuk gasoline atau masyarakat biasa menyebut bensin, Pertamina punya beberapa jenis BBM. Pertama RON yang paling kecil adalah Pertalite, yaitu RON 90, kemudian Pertamax RON 92, dan kemudian Pertamax Turbo RON paling tinggi yaitu 98.

Sementara itu untuk jenis bahan bakar Gasoil atau diesel dapat dilihat dari Cetane Number (CN). Semakin tinggi angka CN, semakin baik juga kualitas dari bahan bakar tersebut. Selain itu kalau di diesel, dapat dilihat dari tingkat kandungan sulfur. Semakin rendah sulfur, semakin baik juga kualitas BBM diesel tersebut.

Ada tiga jenis untuk Gasoil ini, pertama Biosolar mempunyai CN paling rendah yaitu 48, dengan tingkat sulfur sampai dengan 3.000-3.500 rpm. Kemudian ada Dexlite dengan CN 51 dengan tingkat sulfur 1.000 – 1.500 rpm. Lalu yang terbaik ada Pertamina Dex dengan tingkat sulfur hanya 300 rpm.

BACA JUGA: Fantastis! Nilai Proyek Kawasan Istana Presiden di IKN Tembus Rp6 Triliun

“Kami memilih media TikTok agar penyampaian lebih bisa diterima masyarakat, lebih ringan durasi juga tidak perlu panjang. Melalui TikTok juga mengembangkan kreativitas para peserta. Hasil yang masuk kemarin juga kreatif semua. Semoga dapat mengedukasi masyarakat,” ucap Brasto, Selasa (12/7).

Advertisement

Senada, Ketua Panitia, Nina Atmasari mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mendorong masyarakat menggunakan jenis BBM yang ramah lingkungan. “Tujuan kegiatan ini memang untuk mengenalkan Pertamax yang lebih ramah lingkungan, ke milenial utamanya. Selain itu, memberi pemahaman kepada masyarakat yang lebih luas kenapa harus memilih BBM yang ramah lingkungan,” ucap Nina.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DPRD Kulonprogo Godok Raperda Pembangunan Kepemudaan, Dinilai Jadi Akselerasi Kemajuan Daerah

Kulonprogo
| Selasa, 27 September 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement