Advertisement

Pemkab Kudus Telah Suntikkan 500 Vaksin ke Hewan Ternak

Jumali
Senin, 11 Juli 2022 - 23:37 WIB
Jumali
Pemkab Kudus Telah Suntikkan 500 Vaksin ke Hewan Ternak Ilustrasi pembagian daging hewan kurban. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KUDUSBupati Kudus Hartopo memastikan seluruh takmir masjid sudah memahami gejala maupun tanda hewan ternak terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Oleh karena itu, seluruh hewan kurban di Kudus dipastikan aman dari PMK.

Selain itu, Pemkab Kudus melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kudus sudah memberikan antibiotik kepada hewan ternak. Ada 500 vaksin telah disuntikkan. Khusus hewan ternak terindikasi PMK sudah diisolasi dan dilakukan penanganan.

"Kami mengupayakan terbaik untuk mencegah meluasnya wabah PMK. Kami sudah sosialisasi kepada takmir masjid untuk memastikan tak ada hewan kurban yang kena PMK. Insya Allah hewan kurban di Kudus aman PMK," katanya, dikutip dari laman resmi Pemkab Kudus, Senin (11/7/2022).

Hartopo juga meminta masyarakat memastikan kondisi daging kurban yang diterima. Sebagai pencegahan, bupati mengimbau masyarakat mencuci bungkus daging dengan detergen sebelum dibuang. Hal itu untuk menghindari potensi penularan virus penyebab PMK.

"Jangan lupa untuk mencuci pembungkus daging dengan detergen biar bersih dan mencegah penularan PMK di lingkungan," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati dan Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama menyerahkan hewan kurban masing-masing satu kerbau kepada pihak pengurus Masjid Agung Kudus. Hartopo menyampaikan daging kurban disalurkan ke kaum duafa di Kabupaten Kudus.

"Semoga memberikan manfaat dan daging kurban disalurkan untuk kaum duafa di Kabupaten Kudus," paparnya.

Dalam momen Iduladha, Hartopo mengingatkan warga masyarakat Kudus untuk meningkatkan keimanan seperti ketataan Nabi Ibrahim saat diperintahkan oleh Allah SWT mengorbankan anak satu-satunya, Nabi Ismail. Iduladha juga semestinya menjadi momen berbagi dengan sesama pada khususnya kaum duafa.

"Mari jadikan Iduladha jadi momen dalam meningkatkan keimanan serta spirit berbagi antar sesama," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kunjungan Turis Asing ke Jogja Meningkat, Paket Wisata Ini yang Justru Disukai

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement