Advertisement

Profil Penembak Mantan PM Jepang Shinzo Abe

John Andhi Oktaveri
Sabtu, 09 Juli 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Profil Penembak Mantan PM Jepang Shinzo Abe Penyelidik bekerja di sekitar lokasi di mana mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dari belakang oleh seorang pria selama kampanye pemilihan untuk pemilihan Majelis Tinggi 10 Juli 2022 di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Kyodo - via REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Video amatir yang merekam detik-detik penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Kota Nara hari ini, Jumat (8/7/2022) beredar luas setelah kepolisian Jepang menahan pria berusia 44 tahun bernama Tetsuya Yamagami sebagai pelaku.

Polisi menangkap Tetsuya di lokasi kejadian tak lama setelah penembakan terjadi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dikutip dari BBC.com, Jumat (8/7/2022), Tetsuya diketahui merupakan warga lokal Nara.

Media lokal Fuji TV menyebut Tetsuya merupakan mantan anggota pasukan bela diri diri maritim atau dikenal Angkatan Laut Jepang. Berragai sumber menyebut Tetsuya keluar dari pasukan pertahanan Jepang pada 2005 silam.

Sedangkan televisi NHK melaporkan pelaku tak melawan saat ditangkap petugas. Pihak berwenang sampai saat ini menyimpulkan bahwa Tetsuya melancarkan aksinya sendirian. Meski begitu, detail penyelidikan dan motif pelaku masih belum diketahui.

Tetsuya dikabarkan menggunakan senjata api rakitan besar untuk melancarkan aksinya itu. Padahal, hukum kepemilikan senjata di Jepang sangat ketat.

Sementara itu, video matir menunjukkan Abe tertembak di bagian dada dan lehernya sebanyak tiga kali dengan arah tembakan dari belakang saat menyampaikan pidato.

Dalam tayangan itu terlihat asap tipis mengepul sesaat setelah peluru meluncur ke arah punggung Abe. Sedangkan bunyi letusan nyaris tidak terdengar karena tertutup dengan suara Abe yang terlihat berpidato dengan penuh semangat dan suara meninggi.  

Meski tidak terlihat ceceran darah di tempat insiden kejadian, namun berdasarkan foto yang beredar, darah terlihat mengalir di bagian dada Abe yang mengenakan stelan jas warna gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

PAC PDIP Ngampilan Santuni Anak Yatim Piatu

Jogja
| Sabtu, 04 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement