Advertisement

Cabai dan Bawang Merah Pengaruhi Inflasi di Purwokerto dan Cilacap

Jumali
Minggu, 03 Juli 2022 - 09:27 WIB
Jumali
Cabai dan Bawang Merah Pengaruhi Inflasi di Purwokerto dan Cilacap Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, CILACAP — Faktor cuaca dengan curah hujan tinggi turut memengaruhi tingkat produktivitas dan harga produk pertanian, utamanya cabai serta bawang merah, sehingga berdampak terhadap inflasi di Purwokerto dan Cilacap pada bulan Juni 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Rony Hartawan mengatakan, tingkat inflasi di Purwokerto pada Juni 2022 sebesar 0,59 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,63 persen (mtm), sedangkan di Cilacap inflasi bulan Juni 2022 mencapai 0,71 persen (mtm) lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,59 persen (mtm).

Advertisement

Menurut dia, salah satu pendorong inflasi di Purwokerto dan Cilacap berupa kenaikan harga komoditas cabai seiring dengan menurunnya pasokan akibat faktor cuaca.

Selain itu, curah hujan yang tinggi turut mendorong peningkatan hama dan penyakit tanaman, sehingga memengaruhi tingkat produksi pada bawang merah.

"Tren kenaikan harga juga merupakan imbas dari penurunan luas tanam pada bulan Maret 2022. Di samping curah hujan yang tinggi, peningkatan harga pupuk dan obat-obatan juga turut mendorong peningkatan biaya produksi," katanya, dikutip dari Antara, Minggu (3/7/2022).

Lebih lanjut, Rony mengatakan tekanan inflasi di Purwokerto terutama bersumber dari peningkatan harga pada kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau dengan andil sebesar 0,37 persen (mtm).

"Jika dilihat dari komoditasnya, yang menjadi penyumbang inflasi terbesar pada periode ini adalah komoditas cabai merah (0,20 persen), cabai rawit (0,15 persen), bawang merah (0,09 persen), kue kering berminyak (0,08 persen), dan bakso siap santap (0,08 persen)," katanya.

Di sisi lain, kata dia, terdapat beberapa komoditas yang mengalami koreksi harga seperti minyak goreng, daging ayam ras, bawang putih, daging sapi dan pepaya.

Dengan perkembangan tersebut, lanjut dia, inflasi di Purwokerto secara tahun kalender tercatat sebesar 4,46 persen (ytd) dan secara tahunan sebesar 6,11 persen (yoy) pada posisi Juni 2022.

"Capaian inflasi tahunan tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata historis inflasi di Purwokerto pada Juni tahun 2019 sampai dengan 2021 yang sebesar 1,69 persen (yoy)," kata Rony.

Sementara di Cilacap, inflasi bulan Juni utamanya bersumber dari peningkatan harga kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang memberikan andil sebesar 0,60 persen (mtm).

"Komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi adalah cabai merah (0,20 persen), cabai rawit (0,18 persen), bawang merah (0,17 persen), telur ayam ras (0,05 persen), dan air kemasan (0,04 persen)," katanya.

Menurut dia, beberapa komoditas yang mencatatkan koreksi harga di antaranya daging ayam ras, angkutan antar kota, minyak goreng, bawang putih, dan kacang.

Ia mengatakan inflasi di Cilacap secara tahun kalender tercatat sebesar 5,00 persen (ytd), sedangkan secara tahunan dilaporkan sebesar 6,47 persen (yoy) pada posisi Juni 2022.

"Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata historis inflasi di Cilacap pada Juni tahun 2019 sampai dengan 2021 yang sebesar 1,46 persen (yoy)," kata Rony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement