Advertisement

Kepada Jokowi, Putin Ingatkan Jasa Rusia untuk Indonesia

Dany Saputra
Minggu, 03 Juli 2022 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Kepada Jokowi, Putin Ingatkan Jasa Rusia untuk Indonesia Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO - BPMI/Laily Rachev

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan kontribusi Rusia terhadap Indonesia saay menerima kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu, Kamis (30/7/2022).

Hal tersebut termasuk kontribusi ahli, insinyur, dan kontraktor asal Negara Beruang Merah itu dalam pembangunan infrastruktur dan transportasi di Indonesia.

"Kami ingatkan kepada anda bahwa negara kami membantu membangun status kenegaraan dan memperkuat posisi Republik Indonesia dalam arena internasional," ucapnya saat memberikan keterangan pers bersama Jokowi di Kremlin, Moskow, dikutip Minggu (2/7/2022).

Putin juga menekankan bahwa Indonesia merupakan mitra kunci Rusia di kawasan Asia-Pasifik. Total nilai perdagangan antara kedua negara pada 2021 tumbuh di atas 40 persen, dan saat ini sudah tumbuh sekitar 65 persen pada lima bulan pertama 2022.

Putin menyatakan senang bertemu dengan Jokowi, yang mengunjungi Kremlin pertama kalinya. Sebelumnya, dua pemimpin negara telah bertemu beberapa kali di forum APEC, China pada 2014; KTT Rusia-ASEAN di Sochi pada 2016; dan di sela-sela East Asia Summit di Singapura pada 2018.

Keduanya juga sudah melakukan percakapan via telepon pada 28 April 2022.

"Kami senang menyambut Presiden Republik Indonesia ke Kremlin. Ini merupakan kunjungan pertama Mr. Joko Widodo sebagai Presiden. Kami senang menyambut anda," ucap Putin.

Ke depan, kedua negara menyatakan ingin membuka lebih banyak peluang kerja sama ekonomi. Dalam kesempatan tersebut, Putin menawarkan dua perusahaan Rusia untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan industri nuklir di Indonesia dan pengembangan transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Mantan petugas KGB ini juga mendorong kerja sama Russian-Indonesia Joint Commission on Trade, Economic, and Technical Cooperation, serta penciptaan zona perdagangan bebas antara Indonesia dan kawasan Eurasia (Eurasian Economic Union).

"Kami berharap pembicaraan terkait dengan rancangan kesepakatan ini bisa diselenggarakan sebelum akhir tahun dan bisa membuahkan hasil," ungkapnya.

Advertisement

Sebelum menutup pernyataannya, Putin juga menyatakan dukungan kepada Indonesia dalam memimpin dan menyelenggarakan KTT G20 pada akhir tahun nanti.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Kegiatan Aktivis Dikonversi Jadi SKS, Mahasiswa UGM: Kontraproduktif

Sleman
| Rabu, 10 Agustus 2022, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement