Advertisement

Duh, 124 Juta Lembar Plastik Bisa Jadi Sampah saat Iduladha Tahun Ini

Newswire
Rabu, 29 Juni 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Duh, 124 Juta Lembar Plastik Bisa Jadi Sampah saat Iduladha Tahun Ini Ilustrasi pemotongan daging kurban. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Masyarakat diminta tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai saat menyalurkan daging kurban dalam perayaan Iduladha 1443 Hijriah mendatang.

Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sinta Saptarina menjelaskan bahwa diperkirakan jumlah konsumsi hewan kurban pada tahun ini adalah 1.814.403 ekor.

Advertisement

Berdasarkan data tersebut, jika masih banyak yang menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk penyaluran daging kurban maka berpotensi menghasilkan timbulan sampah kantong plastik sebanyak 124.265.950 lembar.

"Dengan semangat menjaga kondisi minim sampah dan antisipasi jumlah timbulan sampah yang melonjak serta menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat maka dipandang perlu kami mendorong pelaksanaan pembagian daging kurban tanpa kantong plastik," ujar Sinta dalam dialog publik virtual bertajuk Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik, Rabu (29/6/2022).

BACA JUGA: Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

KLHK telah menerbitkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022 tentang Pelaksanaan Hari Raya Iduladha Tanpa Sampah Plastik, mengingat potensi peningkatan timbulan sampah plastik dalam pembagian daging kurban tersebut.

"Kami mohon gubernur, wali kota, dan bupati dapat menyebarluaskan Iduladha tanpa plastik ini kepada masyarakat di lingkungannya," kata Sinta.

KLHK mengimbau kepada panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik serta masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang. Diharapkan juga terdapat sarana pengelolaan sampah terpilah di lokasi shalat Iduladha dan pembagian daging kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement