Advertisement

Rayakan Anniversary Moana Bike Tour Ajak Masyarakat dengan Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik

Media Digital
Minggu, 26 Juni 2022 - 13:07 WIB
Jumali
Rayakan Anniversary Moana Bike Tour Ajak Masyarakat dengan Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik Moana Bike Tour kali ini rayakan Anniversary yang ke-3 dengan ajak masyarakat untuk melakukan kegiatan yang ramah lingkungan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Alih-alih rayakan dengan makan dan berpesta, Moana Bike Tour kali ini rayakan Anniversary yang ke-3 dengan ajak masyarakat untuk melakukan kegiatan yang ramah lingkungan.

Acara bersih-bersih sampah di tepi pantai dan pelepasan 100 tukik di Pantai Pelangi Bantul, D.I.Yogyakarta, diselenggarakan pada sore hari diikuti oleh peserta yang terdiri dari masyarakat, mahasiswa, dan juga anak-anak.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tidak hanya dari Yogyakarta, tetapi peserta datang dari luar kota seperti Klaten, Semarang, Solo, hingga Madiun. Moana Bike Tour berkolaborasi dengan komunitas 4K Yogyakarta memberikan edukasi mengenai sampah dan kelestarian tukik kepada 80 partisipan yang hadir.

Harapannya, partisipan dapat memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Peserta yang datang dibagi menjadi 2 kelompok untuk menyusur Pantai Pelangi dan mengumpulkan 10 jenis karung sampah yang berbeda.
Sampah paling banyak ditemukan di pantai adalah botol minum plastik dan kantong plastik sekali pakai. Jenis sampah yang ditemukan lainnya adalah sampah sedotan, kemasan plastik, pempers, dan juga sandal bekas. Sampah yang telah dipungut dan dipilah, lalu diberikan kepada pengelola sampah untuk didaur ulang kembali.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan tentang penangkaran dan konservasi tukik. Anak-anak maupun masyarakat dewasa mendapatkan pengetahuan lebih mengenai tukik dan cara pelepasannya di Pantai Pelangi. Acara diakhiri dengan pelepasan 100 ekor tukik yang sudah cukup usia untuk hidup di laut selatan.

Adapun tujuan dari diadakannya acara Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik ini adalah menjadi sarana edukasi kepada masyarakat bahwa sampah adalah masalah bersama. “Kami sedih melihat perilaku orang-orang sekarang yang sangat mudah menggunakan plastik sekali pakai, membuang sampah ke sungai/selokan, dan akibatnya berakhir berserakan di pantai. Selain sampah ini mengotori lingkungan, juga menjadi ancaman pada biota laut. 1000 tukik mati setiap tahunnya karena terjerat sampah atau plastik di lautan. Kita harus edukasi masyarakat akan masalah sampah ini,” ucap Anita Briana, founder dari Moana Bike Tour.

Selain acara tersebut, Moana Bike Tour juga mendonasikan 100 bibit pohon mangrove untuk pantai di Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Program ini diselenggarakan oleh Lindungi Hutan sehingga masyarakat juga bisa ikut berdonasi hingga akhir Juni 2022 nanti.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Hujan Deras Buat Tujuh Kecamatan di Kulonprogo Tergenang Banjir

Kulonprogo
| Selasa, 06 Desember 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement