Advertisement

2.000 Personel Gabungan Amankan Pilkades di Temanggung

Jumali
Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:27 WIB
Jumali
2.000 Personel Gabungan Amankan Pilkades di Temanggung Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG – Lebih dari 2.000 personel dilibatkan Polri untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan digelar di 37 desa, yang tersebar pada 15 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan, 2.000 personel berasal dari Polda Jateng, Brimob, Polres Temanggung dan sekitarnya.

Advertisement

“Personel telah bekerja untuk pengamanan Pilkades, dan memastikan Temanggung dalam kondisi kondusif,” kata Kapolres dikutip dari Jatengprov, Jumat (24/6/2022).

Kapolres mengatakan, pengamanan Pilkades juga melibatkan personel TNI. Dikatakan, keterlibatan personel keamanan tidak hanya pada hari H, namun jauh hari bahkan sebelum tahapan dimulai.

Menurutnya, dalam pengamanan, Polri mengedepankan preventif atau pencegahan. Tiap ada gejala yang mengarah pada keonaran atau ketidakstabilan keamanan, diusahakan untuk diredam melalui dialog dengan berbagai pihak.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan, deklarasi damai harus dipatuhi kontestan Pilkades. Harapannya, melalui deklarasi dapat mengingatkan peserta bahwa Pilkades untuk kebaikan bersama, yakni memilih pemimpin terbaik untuk kelangsungan pembangunan.

“Harapan terpilih pemimpin secara demokratis, yang mempunyai legitimasi kuat di masyarakat,” kata bupati.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung Gema Artisti Wahyudi mengatakan, Pilkades akan digelar di 37 desa pada 15 kecamatan dengan 107 peserta.

“Pendaftar Pilkades sebanyak 122 orang, setelah seleksi hanya ada 107 peserta,” katanya.

Saat ini, terang Gema, panitia sedang melakukan sosialisasi dan rencana hari H pencoblosan pada 30 Juni mendatang. Disampaikan, pendaftar Pilkades sebanyak 122 orang, setelah seleksi administrasi ada 13 orang tidak lolos. Berdasarkan seleksi akhir yang lolos 109 orang, namun ada dua orang yang tidak lolos uji kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lumpuh Sejak 2020, Warga Jlagran Dapat Bantuan Kursi Roda

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement