Advertisement

Mendag Zulkifli Hasan Janji Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 dalam 2 Pekan

Indra Gunawan
Rabu, 22 Juni 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Mendag Zulkifli Hasan Janji Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 dalam 2 Pekan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengecek harga minyak goreng curah saat mengunjungi Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/6/2022). - JIBI/Bisnis.com/Dokumen Biro Humas Kemendag.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menjanjikan dalam dua pekan ini harga minyak goreng curah akan stabil di angka Rp14.000 di Jawa, Sumatra dan Bali. Menurutnya, distribusi minyak goreng curah saat ini sudah lebih dari kebutuhan yaitu 300.000 ton per bulan.

“Barangnya ada, bahkan cukup, minyak curah dengan harga Rp14 ribu. Jadi saya meyakini 2 minggu ini stabil meski targetnya 1 bulan, tapi 2 minggu ini tidak ada lagi yang ribut minyak,” kata Zulhas kepada awak media di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).

Advertisement

BACA JUGA: 328 SD di Gunungkidul Kekurangan Murid, 2 SD Tak Dapat Murid Baru

Saat ini berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, minyak goreng curah rata-rata masih di angka Rp16.500 per liter.

Zulhas juga menuturkan akan ada minyak goreng curah dengan kemasan sederhana yang dibanderol Rp 14.000/liter. Saat ini pihaknya sedang mengurus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekarang kami sedang urus persyaratannya akan ada namanya nanti minyak curah dikemas sederhana," ujarnya.

Dia mengungkapkan model kemasan minyak goreng curah tersebut sudah disiapkan. Bahkan dia sudah menyiapkan nama dalam kemasan dari minyak goreng tersebut. Minyak curah yang beredar nantinya bermerek ‘Minyak Kita’ yang tertera harganya Rp14.000.

"Iya Minyak Kita betul, memang nanti Minyak Kita. Tetapi ini kan harus ada izin edarnya dari BPOM, nanti Minyak Kita [kemasannya] yang berdiri tetapi bukan yang tidur. kalau yang tidur takut bocor. Jadi lebih bagus. Itu nanti ditulis di depannya Minyak Kita Rp 14.000," kata Zulhas.

Menurutnya, dengan minyak curah yang akan dikemas tersebut akan lebih mudah dijual, seperti masuk ke minimarket.

"Nah ini kalau sudah masuk ke masyarakat bisa masuk ke mana-mana. Kan tidak harus di penampungan seperti kalau curah kan harus dituang seperti itu," katanya.

BACA JUGA: Viral Pameran UMKM di JEC Sepi, Warganet Soroti Cara Promosinya

Sementara harga minyak goreng curah akan diupayakan sebesar Rp 14.000/liter di pasaran. Namun Zulhas menjelaskan, harga itu untuk sampai ke distributor.

"Nanti kita sampaikan ke publik di mana dapat Rp14 ribu itu. Kita akan iklan layanan masyarakat itu nanti kita akan push itu sudah ada namanya task force atau crisis center kalau ada masalah itu akan jalan all out habis habisan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement