Advertisement

Tiket Masuk Kawasan Borobudur Sampai Pelataran Candi Tetap Rp50.000

Newswire
Senin, 06 Juni 2022 - 09:47 WIB
Budi Cahyana
Tiket Masuk Kawasan Borobudur Sampai Pelataran Candi Tetap Rp50.000 Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tiket masuk kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tetap Rp50.000. Namun, wisatawan yang ingin naik ke candi sampai puncak harus bayar Rp750.000.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menjelaskan harga tiket Rp750.000 hanya untuk turis lokal yang berniat menaiki Candi Borobudur. Untuk harga tiket masuk ke kawasan candi Borobudur masih tetap Rp 50.000 per orang.

Advertisement

BACA JUGA: Tiket Candi Borobudur Jadi Rp750.000, Bandingkan dengan Harga Tiket 7 Keajaiban Dunia

"Tiket regulernya masih tetap sama, untuk wisnus Rp50.000, untuk wisman US$25. Namun, tiket ini berlaku cuma sampai pelataran candi," kata Edy seperti dilansir Antara, Minggu (5/6/2022).

Edy mengatakan keputusan harga tiket menaiki bangunan candi sebesar Rp750.000 untuk wisatawan lokal dan US$100 untuk wisatawan mancanegara ditetapkan melalui rapat koordinasi. Rapat ini juga melibatkan Pemerintah Pusat.

Dia menjelaskan alasan ditetapkannya harga tiket tersebut dikarenakan adanya sistem kuota per hari bagi yang diperbolehkan naik ke atas Candi Borobudur. Pemerintah menetapkan kuota yang diperbolehkan naik ke atas candi hanya 1.200 orang per hari.

Penetapan kuota tersebut bertujuan untuk melindungi bangunan Candi Borobudur atau konservasi demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Edy mengungkapkan bangunan Candi Borobudur mulai mengalami penurunan dan pengikisan yang diduga diakibatkan oleh adanya beban berlebih akibat kunjungan wisatawan.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Jadi Rp750 Ribu, Ini Alasannya

Sebelum pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan yang menaiki bangunan Candi Borobudur rata-rata sekitar 10.000 orang per harinya. Selama pandemi, pengelola menutup akses naik ke Candi Borobudur dan kunjungan wisatawan hanya terbatas sampai ke pelataran atau halaman candi.

"Artinya orang yang mau naik ke candi harus betul-betul orang yang berkepentingan naik ke candi. Kalau orang mau foto-foto, enggak usah naik ke candi, di bawah saja. Jadi itulah tujuannya. Jadi orang naik ke candi karena dia sudah membayar mahal, saya kira dia akan sungguh-sungguh, dia akan belajar, dia akan mempelajari. Tapi kalau cuma foto-foto, rugi kan bayar Rp 750.000, di bawah saja. Karena ada aspek konservasi tadi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement