Advertisement

Ganjar Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Calon Haji asal Jawa Tengah

Media Digital
Senin, 06 Juni 2022 - 08:47 WIB
Budi Cahyana
Ganjar Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Calon Haji asal Jawa Tengah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas keberangkatan kloter pertama calon jamaah haji asal Jawa Tengah, Jumat (3/6 - 2022).

Advertisement

BOYOLALI—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas keberangkatan kloter pertama calon jamaah haji asal Jawa Tengah, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 356 calon jamaah haji asal Pati menjadi jamaah pertama asal Jateng yang diberangkatkan ke Makkah dari total 15.477.

Ganjar tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali sekitar pukul 21.00 WIB. Begitu tiba, ia langsung menyapa calon jamaah haji dan mengucapkan selamat.

Advertisement

Saat ngobrol dengan calon jamaah haji itulah, Ganjar dibuat terharu oleh kisah heroik calon jamaah haji. Salah satunya kisah Siti Indasah, calon jamaah haji asal Pati.

Kepada Ganjar, Siti mengatakan sudah lama ingin berangkat haji. Niat itu ia bulatkan dengan menabung sejak 11 tahun silam.

"Saya nabung pak, selama 11 tahun. Saya sehari-hari jualan pecel pak," kata Siti.

Penghasilannya dari jualan pecel setiap hari kata Siti sekitar Rp100.000. Dari penghasilan itu, setiap hari Siti menyisihkan uang Rp10.000 untuk ditabung guna berangkat haji.

"Alhamdulillah seneng banget pak, sakniki saget mangkat haji (bisa berangkat haji)," ucap Siti sambil berkaca.

Ganjar sempat terdiam mendengar kisah itu. Ia mendoakan agar Siti menjadi haji mabrur. "Tak dongakke mabrur nggih bu (saya doakan mabrur ya bu)," ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan kisah Siti sangat menginspirasi sekaligus mengharukan. Tentu, banyak kisah dari calon jamaah lain yang tak kalah heroik. Di antaranya banyak calon jamaah yang mengatakan belum pernah naik pesawat.

"Iya banyak kisah menarik, misalnya tadi seorang penjual pecel yang nabung perhari Rp10.000 bisa berangkat haji. Tentu cerita ini membahagiakan sekaligus mengharukan. Bagaimana semangat mereka untuk beribadah. Mudah-mudahan mereka menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Ganjar juga memberikan pesan kepada para calon jamaah haji untuk terus menjaga kesehatan. Menurut informasi, di Arab Saudi saat ini sedang musim panas.

"Kesehatannya harus dijaga. Di sana ini cuaca lagi panas sekali, maka jangan sampai dehidrasi. Para pendamping saya minta untuk terus mengingatkan," pungkasnya.

Sebanyak 15.447 calon jamaah haji asal Jawa Tengah akan diberangkatkan ke tanah suci tahun ini. Mereka terbagi dalam 43 kelompok terbang (kloter). Selain calon jamaah, sebanyak 172 petugas PPIH dan 75 petugas haji daerah juga diberangkatkan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement