Advertisement

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan 3,5 Persen

Media Digital
Kamis, 26 Mei 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan 3,5 Persen Purbaya Yudhi Sadewa (kedua dari kiri) dan Lana Soelistianingsih (kedua dari kanan) dalam dalam dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022)-Harian Jogja - Sirojul Khafid.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah Bank Umum sebesar 3,5 persen dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 6 persen. Hal ini diputuskan dalam Rapat Dewan Komisioner.

Sementara untuk tingkat bunga penjaminan simpanan valuta asing Bank Umum juga dipertahankan sebesar 0,25 persen. Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan, keputusan ini memperhatikan perkembangan perekonomian yang ada. Selain itu, keputusan ini juga sebagai upaya pemulihan dan sinergitas kebijakan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan nasional,

"Dengan demikian tingkat bunga penjaminan tersebut akan berlaku mulai 28 Mei 2022 sampai dengan 30 September 2022," kata Purbaya dalam dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Dalam Peraturan LPS Nomor 1 tahun 2018, LPS secara reguler menetapkan tingkat bunga penjaminan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Penetapan ini berlangsung pada Januari, Mei, dan September. Namun apabila kondisi mengharuskan, perubahan tingkat bunga penjaminan dimungkinkan berubah di luar periode tersebut.

"LPS dinamis dan adaptif terhadap perubahan yang ada," katanya.

Dalam ketentuan LPS, apabila suku bunga simpanan yang dijanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan berada di atas tingkat bunga penjaminan yang berlaku, maka simpanan nasabah tersebut tidak bisa dijamin dalam kriteria program penjaminan LPS. Sehingga bank diimbau untuk transparan dan menginformasikan tingkat bunga penjaminan ini pada nasabah.

"LPS mengimbau perbankan tetap memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjamin simpanan dalam menghimpun dana," kata Purbaya.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan, Lana Soelistianingsih, mengatakan, ada tiga persyaratan simpanan dijamin LPS.

"Tercatat di perbankan, tidak melebihi tingkat bunga penjaminan, dan tidak terkait dengan bank gagal," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Pakai Danais, 40 Rumah Warga Miskin Dibangun dengan Arsitektur Gaya Jogja

Jogja
| Senin, 03 Oktober 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement