Advertisement

Kendaraan Listrik Bakal Manjakan Wisatawan Berkeliling Borobudur

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 17 Mei 2022 - 19:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kendaraan Listrik Bakal Manjakan Wisatawan Berkeliling Borobudur Peluncuran kendaraan listrik roda dua sebagai salah satu penunjang transportasi ramah lingkungan Desa Wisata di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan layanan kendaraan roda dua listrik ramah lingkungan yang bisa memanjakan para wisatawan dalam berkeliling di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022).

Roda dua listrik itu merupakan layanan yang diberikan Grab yang bekerja sama dengan Taman Wisata Candi (TWC) dan Kemenparekraf. Kolaborasi itu bertujuan memajukan desa-desa wisata di kawasan Borobudur.

Advertisement

Peluncuran tahap awal ini ditandai dengan konvoi kendaraan listrik roda dua di sekitar Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo dan dilanjutkan dengan kunjungan ke selter Grab di area Candi Borobudur.

“Apresiasi kepada Grab yang turut membantu komitmen pemerintah dalam pemanfaatan sumber energi bersih dengan memperkuat kehadiran ekosistem kendaraan listrik ramah lingkungan bagi desa wisata di kawasan Borobudur,” ungkap Menteri Sandiaga Uno, Selasa.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan daya tarik wisata lokal bagi wisatawan hingga menciptakan keseimbangan pariwisata massal dan pariwisata berkualitas, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang mengarahkan kepada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengungkapkan Grab tak hanya menghadirkan roda dua listrik tetap juga GrabBike Tour. Semuanya itu disuguhkan di Borobudur karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri UMKM lokal.

“Grab mendukung upaya pemerintah dengan membawa UMKM masuk ke dalam platform digital serta memperkenalkan konsep wisata berkelanjutan dengan menyediakan kendaraan listrik roda dua yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Bermitra dengan Taman Wisata Candi, Grab menyewakan 50 unit kendaraan listrik roda dua pada fase awal di selter Candi Borobudur yang akan terus dikembangkan. Kendaraan listrik dapat digunakan oleh wisatawan untuk menjelajah desa wisata di kawasan Borobudur.

Melengkapi layanan GrabBike Tour Desa Wisata, Grab melatih 80 mitra pengemudi GrabBike agar menjadi duta wisata di kawasan Borobudur yang mampu memberikan layanan terbaik bagi wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Kamis 25 April 2024, Giliran Sleman, Kota Jogja dan Kulonprogo

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement