Advertisement

ASN Boleh WFH setelah Libur Lebaran

Newswire
Sabtu, 07 Mei 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
ASN Boleh WFH setelah Libur Lebaran Ilustrasi. - ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Menteri Pendayagunaan ASN dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyetujui usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk ASN setelah libur lebaran.

Kebijakan tersebut dinilai perlu diambil untuk memecah kemacetan selama arus balik mudik lebaran. Adapun jadwal WFH untuk ASN setelah libur lebaran 2022 disusun oleh PPK masing-masing instansi.

Jadwal WFH untuk ASN setelah libur lebaran 2022 ditetapkan dilaksanakan selama sepekan, yaitu dari hari Senin, tanggal 9 Mei 2022 sampai Minggu, 15 Mei 2022. Dengan ini, seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan segera mengatur pembagian jadwal sesuai dengan fungsi dari instansi masing-masing agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Penerapan WFH untuk ASN menurut menteri tidak akan mengganggu pelayanan karena telah diterapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sistem tersebut memungkinkan ASN dapat bekerja secara fleksibel menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca juga: ASN Boleh Ambil Cuti Lebaran, Ini Ketentuannya

Sementara jadwal WFH untuk ASN setelah libur lebaran 2022 disetujui dan ditetapkan, informasi terkait arus balik bergulir di media massa. Disarikan dari berbagai sumber, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau One Way dari Semarang ke Jakarta.

One Way diterapkan mulai dari Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Semarang-Batang sampai ke KM 03+500 Halim. One Way berjalan dari sejak Sabtu, 7 Mei 2022 mulai pukul 07.00 Wib.

Pemerintah memprediksi puncak arus balik 2022 terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022 dikarenakan pada Senin, 9 Mei 2022 banyak pegawai kantor yang sudah harus masuk kerja. Kebijakan ganjil genap dan one way akan diberlakukan sampai arus balik mereda.

Potensi kemacetan diperkirakan terjadi di Jalan Raya Nasional sampai Kawasan Merak-Bakauheni saat puncak arus balik. Alasan kenapa kemacetan bisa terjadi adalah karena setidaknya ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Advertisement

Sebagai tambahan informasi, selain ASN mendapatkan kebijakan WFH setelah libur lebaran 2022, libur sekolah juga diperpanjang. Kebijakan ini diberlakukan dengan alasan sama dengan perilisan jadwal WFH untuk ASN setelah libur lebaran 2022 yaitu untuk mencegah kemacetan arus balik lebaran 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperpanjang libur sekolah selama tiga hari.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Belasan Ternak di Gunungkidul Mati Diserang Hewan Liar, Warga Diminta Bikin Kandang Model Panggung

Gunungkidul
| Kamis, 29 September 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement