Advertisement

Buka Akses Permodalan UMKM, BLU-PIP Gelar UMi Ramadhan Fair

Arief Junianto
Jum'at, 15 April 2022 - 19:19 WIB
Arief Junianto
Buka Akses Permodalan UMKM, BLU-PIP Gelar UMi Ramadhan Fair Salah satu booth UMi Ramadhan Fair. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah terus mendukung pemberian akses permodalan dan pemberdayaan UMKM khususnya  kepada para pelaku usaha perempuan.

Bentuk dukungan tersebut berupa Program Pembiayaan Ultramikro (UMi) yang dilakukan oleh BLU Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP). Selain memberikan pembiayaan, Program Pembiayaan UMi juga memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha ultramikro termasuk pelaku usaha perempuan.

Advertisement

Dukungan pelatihan dan pendampingan antara lain pendampingan pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi (penyaluran menggunakan uang elektronik, pemasaran via online).

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Pengusaha Hamper Kebanjiran Order

Salah satu bentuk komitmen BLU PIP untuk terus mendukung ekosistem bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) adalah melalui kegiatan UMi Ramadhan Fair. 

Kegiatan ini digelar secara kolaboratif dengan dua event yang ada di Jakarta, yaitu Bazar Ramadhan Fair yang diselenggarakan Pemda DKI Jakarta di Lapangan Banteng pada 11-20 April 2022 dan Istiqlal Halal Expo 2022 yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada 15-24 April 2022.

Direktur Pengelolaan Aset Piutang BLU-PIP, Mohd Zeki Arifudin mengatakan dalam UMi Ramadhan Fair terdapat beberapa boothPertama adalah booth pembiayaan UMi yang akan menyediakan informasi dan melakukan edukasi pada masyarakat tentang pembiayaan UMi; kedua adalah booth layanan konsultasi dan edukasi layanan legalitas usaha, perpajakan, dan ekspor.

"Untuk booth layanan konsultasi ini, kami bekerja sama dengan unit-unit Kementerian Keuangan antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, dan Ditjen Kekayaan Negara, serta lembaga lain seperti BKPM, PNM, dan Pegadaian," kata Zeki, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (15/4/2022).

BACA JUGA: JNE Jogja Gulirkan Program Pemberdayaan Ekonomi Rumah Abon

Selain itu, ada juga booth promosi produk dari debitur UMi pada zona bazar murah yang mencakup jenis produk kuliner, kriya atau kerajinan, dan fesyen.

Tak hanya itu, imbuh Zeki, di Lapangan Banteng juga akan digelar talkshow dengan tema Muda Berwirausaha : From Job Seeker to Job Creator pada Senin (18/4/2022) pukul 16.00 WIB - 17.45 WIB dengan menghadirkan pembicara dari pelaku usaha debitur Pembiayaan UMi dan praktisi pendampingan usaha.

"Talkshow ini ditujukan untuk mengajak kawula muda untuk berani berwirausaha dan untuk memulai usaha," ucap Zeki.

Selain itu ada juga gelar wicara bertema Tips Mengelola Keuangan dan Mengembangkan Usaha yang akan digelar di Masjid Istiqlal pada Selasa (19/4/2022), pukul 15.45 WIB - 17.45 WIB, dengan menghadirkan pembicara dari Bank Indonesia, praktisi pendampingan usaha, dan pelaku usaha debitur Pembiayaan UMi.

"Kami juga ada Coaching Clinic On Boarding UMKM untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat mengakses pemasaran e-marketing bekerja sama dengan platfom Grab Indonesia dan Choop. Selain itu juga ada cooking class dan art class berupa patchwork [membuat dompet dari kain perca] dan quilting [merajut tas]," kata Zeki.

Secara keseluruhan, imbuh Zeki, UMi Ramadhan Fair digelar untuk mendorong efektivitas peningkatan ekosistem produk,  mengenalkan lebih dalam akan produk-produk UMK yang berkualitas, serta memberikan impresi positif bagi masyarakat akan hadirnya peran pemerintah dalam mendukung dan mendorong pengembangan kapasitas para pelaku usaha di lapisan ultramikro, mikro dan kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement