Advertisement

Selter Bener Penuh Pasien Covid-19, Pemkot Jogja Kini Siapkan Isoter

Sirojul Khafid
Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Selter Bener Penuh Pasien Covid-19, Pemkot Jogja Kini Siapkan Isoter Suasana Rusunawa MBR Bener, Tegalrejo, Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seluruh kamar isolasi di Shelter Bener Tower Satu sudah terisi penuh pasien Covid-19. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, meski seluruh unit terisi penuh, namun tidak semua tempat tidur terpakai. Dari 42 unit dengan masing-masing dua tempat tidur, baru terisi 50-an orang. Sementara kapasitas total tempat tidur 84.

"[Karena ada pemisahan] jadi penuh karena perempuan, laki-laki, lansia, ada pemisahan. Sehingga penempatan pasien cukup selektif, jangan sampai kami campurkan yang sudah berapa hari di sana dengan yang baru masuk," kata Heroe, Jumat (18/2/2022). 

BACA JUGA: Jogja Akan Alami Hari Tanpa Bayangan Tak Lama Lagi, Ini Tanggalnya

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Jogja, Okto Heru Santosa, di setiap kamar bisa terisi satu, dua, atau tiga orang. Bagi kamar yang terisi dua sampai tiga orang, beberapa di antaranya satu keluarga atau satu asrama. Penempatan pasien tergantung berbagai pertimbangan, agar tidak menyebabkan dampak yang lebih buruk. 

“Misalnya hari ini akan masuk lima pasien. Belum tentu hasil laboratorium kelima pasien ini keluar pada hari yang sama sehingga mereka tidak bisa ditempatkan di satu unit yang sama,” kata Okto. 

Okto menambahkan apabila kapasitas di shelter isolasi mulai terisi penuh sejak akhir pekan kemarin. Untuk memenuhi kebutuhan isolasi terpadu (isoter), saat ini mulai dipersiapkan Rusunawa Gemawang. “Namun ada kendala pada kualitas air yang kurang baik. Sekarang sedang ditangani oleh teman-teman dari instansi berwenang,” katanya.

Sebelumnya, Shelter Gemawang mulai dioperasionalkan saat terjadi puncak kasus Delta pada tahun lalu. Setelah kasus Covid-19 mereka, shelter tersebut dinonaktifkan pada November 2021.

Adapun operasional Rusun Bener Tower Dua sebagai shelter tambahan sedang dalam tahap persiapan. Saat ini masih dalam proses penambahan fasilitas seperti perlengkapan kamar dan CCTV.

“Kondisi bangunan di Tower Dua memang sudah siap. Sembari menunggu seluruhnya siap, maka kami akan mengoperasionalkan Shelter Gemawang. Mudah-mudahan kualitas air bisa dipulihkan secepatnya,” kata Okto.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement