Advertisement

Pesawat Tiba-tiba Muncul Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Faktanya..

Newswire
Selasa, 01 Februari 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesawat Tiba-tiba Muncul Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Faktanya.. Ilustrasi pesawat terbang - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Jagat media sosial sempat geger dengan sebuah kabar adnya pesawat mendarat dengan selamat setelah 37 tahun dilaporkan hilang. Namun belakangan ditegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks

Dikatakan pesawat PAN AM 914 lepas dari New York pada tahun 1955 dan mendarat di Caracas, Venezuela pada 1992. Namun, Kementerian Informasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan berita ini hoax.

Sempat bereder di media sosial bahwa pesawat yang hilang muncul tiba-tiba dalam keadaan yang sama. Penumpang dan kru penerbangan tidak menua sedikit pun. Kisah ini kembali viral di YouTube dan TikTok. PAN AM 914 milik Pan Airlines dijadwalkan mendarat pukul 9.55 waktu setempat tanggal 2 Juli 1955. Namun pesawat tidak sampai hingga puluhan tahun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kasus hilangnya PAN AM 914 ditutup dengan kesimpulan pesawat jatuh di tengah laut. Maskapai telah memberikan kompensasi kepada keluarga korban, meskipun tim pencari tidak menemukan jasad penumpang dan bangkai pesawat. Keluarga korban juga masih penasaran dengan kejadian yang sebenarnya. Puluhan tahun pun berlalu.

Tiba-tiba saja, sebuah pesawat mendarat di Bandara Internasional Science Bolivar, di Carasas Venezuela, Amerika Selatan pada 1992. Petugas bandara merasa asing dengan pesawat yang muncul dengan mendadak di radar. Juan de la Corte, petugas lalu lintas udara saat itu, melihat adanya sesatu yang aneh. Dia dan petugas bandara lainnya terkejut dengan penemuan yang janggal.

Baca juga: Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat

Sistem sudah berjalan dengan semestinya, namun mereka tidak bisa memprediksi kedatangan pesawat tersebut. Kondisi pesawat yang mendarat juga tampak aneh, seperti penampakannya yang terlihat usang dan masih menggunakan baling-baling.

Ketika mendarat, pilot menjelaskan pesawat seharusnya tiba di Miami pukul 9.55 pada 2 Juli 1955. Pilot mengaku pesawat sempat salah arah dan berusaha keras untuk kembali ke jalur sebenarnya. Pesawat kembali lepas landas dan terbang menuju Miami, sementara petugas bandara menyelidiki informasi tentang pesawat tersebut.

Juan yang mendapat firasat berpikir jika pesawat itu adalah pesawat yang dinyatakan hilang 37 tahun lalu karena ciri-ciri yang sama. Benar saja, pihak bandara New York mengkonfirmasi pesawat PAN AM 914 terlihat terakhir kali pada 1955.

Advertisement

PAN AM 914 akhirnya berhasil mendarat di Miami. Semua penumpang dinyatakan selamat, namun mereka masih terlihat sama ketika lepas landas pada 37 tahun lalu. Pernyataan Kominfo Kementerian Kominfo telah menulusuri kebenaran mengenai kisah pesawat PAN AM 914 dan menyatakan itu sebagai berita hoax.

Mulanya, berita ini berasal dari Weekly World News, tabloid yang sering mempublikasikan berita fiksi yang fantastis. "Dengan kata lain, bukan merupakan sumber informasi yang kredibel," tulis Kominfo di situs resminya.

Kominfo menemukan bukti keanehan pada dua rilisan berita tersebut, dimana foto sang “saksi mata”, Juan de la Corte memiliki wajah yang berbeda. Kominfo juga menyatakan tidak ada informasi yang valid dari sumber-sumber berita kredibel mengenai hilangnya Pan Am Flight 914. Dilansir oleh snopes.com, informasi hilang dan munculnya pesawat ini memiliki kemiripan cerita dengan salah satu serial televisi “Twilight Zone”.

Advertisement

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "Kisah Pesawat Mendarat Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Fakta Sesungguhnya".

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement