Simak Cara Mengajukan Sanggah Kuota Sekolah SNMPTN 2022

Sejumlah siswa mengisi data saat mendaftar SMNPTN. - Antarafoto
01 Januari 2022 23:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Kuota sekolah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah diumumkan pada Selasa (28/12/2021) lalu. Bagi sekolah yang hendak mengajukan sanggah bisa segera melaporkan.

Pengumuman kuota sekolah untuk SNMPTN 2022 dapat diakses melalui website resmi ltmpt.ac.id. Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke laman tersebut, pada menu "SNMPTN 2022", lalu pilih pada sub menu “Kuota Sekolah”. Lantas, bagaimana cara mengajukan sanggah kuota sekolah SNMPTN 2022?

Apabila pihak sekolah merasa bahwa kuotanya tidak sesuai dengan akreditasi, lantas dapat mengajukan sanggahan. Simak cara mengajukan sanggah kuota sekolah SNMPTN 2022 berikut.

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo menjelaskan bahwa masa sanggah akan berakhir hingga tanggal 17 Januari 2022 mendatang. Sanggahan dapat dilakukan ketika data akreditasi yang muncul tidak cocok dengan data akreditasi sebenarnya.

Baca juga: Epidemiolog: Indonesia Mulai Masuk Fase Endemi pada 2022

Sebagai contoh, akreditasi sekolah adalah A, tetapi data di LTMPT yang muncul akreditasinya adalah B, maka bisa mengajukan sanggahan. Selain itu, sanggahan juga dapat dilakukan jika jumlah siswa tidak sesuai.

Cara mengajukan sanggah kuota sekolah untuk SNMPTN 2022

Cara mengajukan sanggahan adalah dengan memperbaiki data di Dapodik. Perbaikan data sekolah dapat dilakukan melalui laman vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Pihak sekolah harus login dengan username dan password sebelum memperbaiki data. Masa sanggah akan ditutup pada tanggal 17 Januari 2022 pukul 15.00 WIB.

Terdapat ketentuan kuota SNMPTN untuk setiap sekolah berdasarkan akreditasi. Persentase ini tentunya telah disesuaikan dengan jumlah siswa di setiap sekolah.

Dengan demikian, jumlah siswa di masing-masing sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN akan berbeda-beda. Berikut ini adalah ketentuan selengkapnya:

- Akreditasi A: 40 persen terbaik
- Akreditasi B: 25 persen terbaik
- Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik.

Perlu diketahui, bahwa pihak LTMPT tidak bisa mengubah data. Tapi, pihak sekolah lah yang harus aktif untuk memperbaiki data jika ada yang keliru.

Itulah penjelasan mengenai cara mengajukan sanggah kuota sekolah SNMPTN 2022. Semoga bermanfaat!

Sumber : suara.com