12 Tim Akan Ramaikan Formula E di Ancol Tdi 2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo dalam konferensi pers Jakarta E-Prix 2020 di Lapangan Monas, Jumat (20/9/2019). - Antara
22 Desember 2021 15:27 WIB Rahmad Fauzan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni mengatakan terdapat 12 tim yang akan ikut serta dalam ajang Jakarta E Prix 2022 atau Formula E yang akan diselenggarakan pada Juni tahun depan. 

"Ada 12 tim yang [ikut serta]. Satu tim 2 mobil. Seluruh tim sudah melakukan registrasi keikutsertaan," ujar Sahroni kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/12/2021). 

Ajang itu sendiri ditargetkan dapat menggaet 40.000 - 60.000 penonton menyaksikan secara langsung ajang Jakarta E Prix 2022 atau Formula di di Jakarta tahun Depan. 

Dia menambahkan pada 22 Januari 2022 Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo akan kembali melakukan pengecekan ulang sirkuit yang sudah dipastikan akan menggunakan ruas jalan di kawasan Ancol, Jakarta Utara. 

Terkait venue, Sahroni mengatakan segala persiapan telah selesai dan diperkirakan akan ada sebanyak 18 tikungan yang menyediakan spot untuk para penonton. 

Sebagaimana diketahui, Ancol resmi akan menjadi lokasi kegiatan Formula E World Championship 2022 di Jakarta. 

Pengumuman tersebut disampaikannya dalam konferensi pers, Selasa (22/12/2021) bersama dengan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) Widi Amanasto dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Teuku Sahir Syahali. 

Sahroni menyampaikan, ada beberapa faktor yang menjadikan Ancol dipilih sebagai lokasi ajang balap bergengsi tersebut, diantaranya lokasi yang ikonik dan tidak mengganggu fasilitas umum. 

“Untuk ajang Formula E yang Insya Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO [Formula E Operations] dan FIA [Fédération Internationale de l'Automobile], lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara,” katanya dikutip dari keterangan resmi, Rabu (22/12/2021). 

Menurutnya, jika Formula E diadakan di area Gelora Bung Karno, Sudirman, atau Monas maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari dan hal itu tidak memungkinkan. 

Lebih jauh, Sahroni menjelaskan bahwa sirkuit untuk Formula E akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA dimana rencananya, sirkuit akan selesai pada April 2022.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia