Advertisement

Jokowi Berjanji Akan Terus Kejar Pengemplang Kasus BLBI

Akbar Evandio
Kamis, 09 Desember 2021 - 14:27 WIB
Sunartono
Jokowi Berjanji Akan Terus Kejar Pengemplang Kasus BLBI Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah dan aparat hukum akan terus mengejar para pengemplang kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Hal ini dia sampaikan saat menghadiri Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (9/12/2021). Jokowi menegaskan bahwa Satgas BLBI akan terus bekerja keras memburu hak negara dalam kasus tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Kejagung Panggil Tersangka Zainal Abidin & Albertus

"Dalam penuntasan kasus BLBI, Satgas BLBI juga bekerja keras mengejar hak negara yang nilainya mencapai Rp 110 triliun," ujarnya dalam sambutanya di Gedung KPK, dikutip melalui Youtube KPK RI, Kamis (9/12/2021).

Jokowi memastikan, Satgas BLBI akan terus berupaya agar tidak ada obligor atau debitur yang luput dari perhatian dalam pengembalian dana BLBI.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sempat angkat bicara mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset Tindak Pidana.

"Ini juga penting sekali. Kita terus dorong dan kita harapkan tahun depan Insya Allah ini bisa selesai agar penegakan hukum yang berkeadilan bisa terwujud secara profesional dan akuntabel," katanya.

Jokowi menegaskan Indonesia sejauh ini telah meneken kerja sama dalam rangka pengembalian aset tindak pidana, serta perjanjian bantuan hukum timbal balik dalam masalah pidana.

"Sudah kita sepakati dengan Swiss dan Rusia, mereka siap membantu penelurusan, pembekuan, penyitaan, dan perampasan aset hasil tindak pidana luar negeri," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Kompak Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Golkar

Gunungkidul
| Selasa, 23 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement