BTN Lelang Rumah Secara Massal, Begini Cara Mengikutinya

Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). - JIBI/Bisnis.com/Arief Hermawan P
09 Desember 2021 07:57 WIB Rika Anggraeni News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menggelar pameran lelang massal bertajuk BTN Lelang Properti Expo 2021 dengan melibatkan 25 kantor cabang perseroan.  Perseroan optimistis mencatatkan penjualan lebih dari 1.500 unit rumah lelang hingga akhir 2021 kepada para investor melalui pameran tersebut.

Pameran tersebut digelar untuk memasarkan hampir 250 unit hunian menggunakan skema lelang dengan harga menarik.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan sektor properti diproyeksi akan kembali menggeliat pada 2022 sejalan dengan pergerakan positif pada perekonomian nasional. Bahkan, Haru meyakini bahwa sektor properti masih menarik.

Pihaknya optimistis jika terserap habis unit rumah lelang sampai dengan akhir 2021, maka perseroan akan menghimpun dana penjualan rumah secara lelang pada periode 2021 lebih dari 1.500 unit rumah total mencapai sekitar Rp1,73 triliun.

“Antusiasme investor pada tahun ini juga menunjukkan sektor properti masih menjadi pilihan menarik untuk investasi. Sehingga, kami yakin unit rumah atau hunian yang dilelang selama 2021 akan terserap habis,” ujar Haru dalam siaran pers, Selasa (7/12/2021).

Jika tertarik membeli rumah lelang BTN, Anda bisa langsung mengakses informasi terkait pilihan rumah yang dilelang secara online melalui laman resmi rumahmurahbtn.co.id.

Setelah mengakses laman tersebut, Anda akan disuguhkan dengan tampilan layar yang menampilkan informasi jenis properti yang tersedia, mulai dari lokasi, alamat asset, harga, hingga kode asset.

Berikut adalah cara membeli rumah murah lelang BTN:

1. Akses laman resmi rumahmurahbtn.co.id

2. Tentukan aset properti yang diinginkan

3. Hubungi petugas yang mengelola agunan yang diinginkan

4. Pastikan data atau dokumen lengkap dan lakukan survei lokasi

5. Ikuti proses lelang dengan biaya jaminan 20 persen

6. Anda mendapatkan rumah lelang BTN impian

Selain mengakses laman rumahmurahbtn.co.id, Anda juga bisa membuka Rumah Murah BTN dengan mengunduh aplikasi di App Store dan Play Store.

Mekanisme KPR BTN Lelang

Masih mengacu pada laman yang sama, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan KPR BTN lelang:

1. Akses laman resmi lelang.go.id

2. Pilih aset BTN yang Anda minati

3. Akses bit.ly/pengajuankprbtn untuk melakukan pengajuan KPR BTN Lelang

Bunga KPR BTN Lelang menggunakan bunga promo yang berlaku sesuai dengan ketentuan bank dengan jangka waktu kredit untuk KPR sampai dengan 30 tahun dan KPA sampai dengan 20 tahun. Sedangkan, uang muka mulai dari 5 persen sesuai dengan ketentuan bank yang berlaku.

Selain fasilitas tersebut, bank spesialis pembiayaan perumahan ini juga memberikan fitur Kredit Modal Kerja (KMK) BTN Renovasi bagi para investor pengembang.

KMK dapat digunakan untuk merenovasi rumah-rumah lelang BTN yang telah lunas dibeli secara tunai sehingga dapat mempercepat proses penjualan kembali kepada konsumen.

BTN menawarkan suku bunga sebesar 10 persen per annual dengan plafon hingga Rp5 miliar dan jangka waktu kredit menyesuaikan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com