Advertisement

Sederet Proyek yang Bikin Finansial AP I Tergerus Rp19 T, Termasuk YIA

Anitana Widya Puspa
Senin, 06 Desember 2021 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Proyek yang Bikin Finansial AP I Tergerus Rp19 T, Termasuk YIA Bandara Ahmad Yani Semarang. - Bisnis.com

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan dan pengembangan bandara baru telah menggerus finansial PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I hingga lebih dari Rp19,2 triliun. Pasalnya perluasan proyek bandara tidak diiringi dengan peningkatan jumlah penumpang yang diharapkan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan kondisi keuangan dan operasional perusahaan mengalami tekanan cukup besar. Pendapatan AP I pada 2019 yang mencapai Rp8,6 triliun anjlok pada 2020, di mana perusahaan hanya meraih pendapatan Rp3,9 triliun. Sedanglan pada 2021 ini, pendapatan perseroan juga akan mengalami penurunan akibat turunnya jumlah penumpang.

Advertisement

Dengan situasi pergerakan yang menurun dan adanya tekanan keuangan, AP I harus dihadapkan dengan kewajiban membayar pinjaman sebelumnya yang digunakan untuk investasi pengembangan bandara.

“Pandemi Covid-19 melanda pada saat Angkasa Pura I tengah dan telah melakukan pengembangan berbagai bandaranya yang berada dalam kondisi kekurangan kapasitas. Seperti Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) yang menghabiskan biaya pembangunan hampir Rp12 triliun, Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp2,3 triliun,” ujarnya, Minggu (3/12/2021).

Baca juga: Ahli Vulkanologi ITB Ungkap Penyebab Meletusnya Gunung Semeru

Selanjutnya, investasi yang digelontorkan adalah terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang sebesar Rp2,03 triliun, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebesar Rp2,6 triliun, dan beberapa pengembangan bandara lainnya seperti Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang.

Semua bandara tersebut dibiayai melalui skema penggunaan dana internal dan berbagai sumber lain seperti kredit sindikasi perbankan serta obligasi. Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga konektivitas udara tanah air tetap terbuka serta mempercantik gerbang udara daerah lebih menarik.

Kendati demikian, dengan adanya pembangunan bandara AP I, secara konsolidasi menambah aset perusahaan. Pada 2021 ini nilai aset AP I akan mencapai Rp44 triliun dari semula Rp24 triliun pada 2017, saat proyek-proyek pengembangan bandara mulai dilaksanakan.

“Tentunya dengan selesainya pelaksanaan pembangunan dan perluasan terminal bandara, maka seluruh bandara Angkasa Pura I menjadi lebih cantik, lebih nyaman, dan dapat secara fleksibel menerapkan protokol kesehatan dengan lebih baik lagi," imbuhnya.

Pandemi Covid-19 yang mulai terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 berdampak terhadap penurunan drastis pergerakan penumpang di 15 bandara AP I. Sebagai gambaran, pada 2019, pergerakan penumpang di bandara Angkasa Pura I mencapai 81,5 juta penumpang. Namun ketika pandemi Covid-19 melanda pada awal 2020, pergerakan penumpang turun menjadi 32,7 juta penumpang dan pada 2021 ini diprediksi hanya mencapai 25 juta penumpang.

Meski demikian, hingga akhir tahun ini, masih ada sejumlah hal yang menggembirakan dan membuat optimisme AP I terjaga yakni adanya pkenaikan pergerakan penumpang hingga mencapai 129.000 pada 28 November 2021 lalu dari rata-rata pergerakan sebelumnya yang hanya hanya sekitar 55.000 - 60.000 per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement