Jokowi Beberkan Makna Tema Agenda Presidensi G20 Indonesia

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual dalam Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/11/2021). - Kominfo/Amiri Yandi
02 Desember 2021 07:57 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan Indonesia mengusung tema recover together recover stronger untuk agenda keketuaan atau presidensi Group of Twenty (G20). Menurutnya, secara harafiah tema tersebut bermakna pulih bersama, pulih lebih kuat.

"Untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, adil dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk itu pada Presidensi G20 Indonesia mengusung tema recover together recover stronger,” katanya dikutip melaui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/12/2021).

Selain itu, Jokowi juga menilai Presidensi G20 merupakan kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia yang turut menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar terhadap pemulihan ekonomi dunia.

Menurutnya, Indonesia akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil dan berkelanjutan, berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berusaha memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan dan menggalang komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang," kata Jokowi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia