Indonesia Tak Ikut Ajang Miss Universe di Israel, Ini Penyebabnya

Ilustrasi ajang miss universe. - Foto: AFP
30 November 2021 05:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Indonesia absen di ajang Miss Universe 2021 karena sejumlah hal.

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mengumumkan pihaknya tidak dapat mengirim perwakilan Indonesia di kontes kecantikan Miss Universe yang akan digelar di Israel pada 12 Desember mendatang.

“Dengan berat hati, kami ingin menginformasikan bahwa kami tidak dapat berpartisipasi dalam Miss Universe ke-70,” kata YPI melalui sebuah unggahan di akun Instagram resminya pada Minggu (28/11/2021).

YPI mengatakan waktu persiapan yang singkat serta pembatasan aktivitas selama pandemi COVID-19 menjadi salah satu alasan pihaknya tidak mengirimkan Puteri Indonesia di kontes kecantikan internasional itu.

Selain itu, YPI menyebutkan saat ini pihaknya tengah melakukan proses seleksi kandidat Puteri Indonesia di sejumlah provinsi.

“Kami berharap dapat berpartisipasi lagi di Miss Universe edisi tahun depan,” katanya.

BACA JUGA: Sidang Kasus Satai Beracun, Nani: Saya Mohon Ampun & Bertobat pada Allah

YPI berharap gelaran Miss Universe tersebut beserta para perwakilan dari sejumlah negara dapat berjalan dengan sukses.

“Semoga kandidat terbaik memenangkan gelar yang didambakan, dan terus menginspirasi semua perempuan di komunitas mereka,” lanjutnya.

Pada tahun lalu, YPI telah menggelar kontes Puteri Indonesia edisi ke-24 pada bulan Maret. Yayasan tersebut telah memilih Raden Roro Ayu Maulida Putri yang mewakili Jawa Timur sebagai pemenang utama kontes ini.

Ayu Maulida telah mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020 yang digelar pada 21 Mei tahun ini di Amerika Serikat. Ia berhasil masuk 21 besar semifinalis.

YPI pada tahun lalu juga menobatkan Putu Ayu Saraswati dari Bali didapuk sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020 dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2020.

Sebagai informasi, kontes Miss Universe kali ini tengah menjadi sorotan karena diadakan di Israel di tengah seruan boikot terhadap negara tersebut atas perlakuannya terhadap Palestina.

Selain Indonesia, Malaysia dan Afrika telah lebih dulu mengumumkan tidak akan mengirim perwakilannya di ajang tersebut. Negara-negara lain seperti Barbados, Belize, Myanmar, dan Uruguay juga dikabarkan tidak berpartisipasi di Miss Universe mendatang.

Sumber : Antara