Pemupukan Padi di Destinasi Wisata Svargabumi Gunakan Drone

Penyemprotan pupuk di agwowisata Svargabumi Borobudur menggunakan drone, Jumat (26/11/2021). - Ist
27 November 2021 19:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Pengelolaan sawah di kawasan destinasi wisata Svargabumi, Borobudur, Kabupaten Magelang menjadi fokus perhatian PT Pupuk Indonesia (Persero). Karenanya, mereka melakukan ujicoba penyemprotan pupuk cair organik Phonska OCA pada tanaman tersebut.

Pemupukan ini pun mengaplikasikan metode pertanian modern. Penyemprotan pupuk cair organik menggunakan pesawat drone pertanian milik Today Tech Drone Pertanian. Perusahaan asal Yogyakarta ini menyediakan jasa penyewaan drone untuk kebutuhan pertanian.

VP Penjualan PT Pupuk Indonesia (Persero) Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Rizki Candra Sakti mengatakan pihaknya sengaja memilih kawasan agrowisata tersebut sebagai bentuk kolaborasi pertanian dan pariwisata. "Ini bentuk kolaborasi yang baik guna meningkatkan pariwisata serta produksi pertanian," katanya, di sela kegiatan, Jumat (26/11/2021).

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta sarana edukasi kepada petani di Kabupaten Magelang, yakni dalam menerapkan pemupukan organik sebagai pengganti pupuk kimia. Selain itu juga tentang penggunaan teknologi drone pertanian yang lebih efektif dan efisien.

“Meski sawah di Svargabumi tidak luas, daya tarik wisatanya menjadikan kampanye penggunaan teknologi mekanis untuk pertanian menjadi efektif. Mekanisasi pertanian di era revolusi industri 4.0 menyasar anak muda untuk terjun menjadi petani milenial,” paparnya.

Ia menjelaskan pupuk organik cair Phonska OCA ini disemprotkan langsung sehingga lebih bisa diserap oleh tanaman. Berdasarkan demplot di beberapa titik, menurutnya hasil pemupukan ini bisa meningkatkan produksi pertanian antara 13% sampai 61%. Pupuk ini bisa digunakan untuk semua jenis tanaman.